Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Kutu rambut merupakan salah satu masalah yang bisa dialami siapapun baik pria maupun wanita. Bahkan pada anak-anak maupun orang dewasa, kutu rambut ini merupakan masalah yang tentu saja sangat mengganggu.

Kutu Rambut yang Mengganggu Kulit Kepala

Saat Anda memiliki kutu rambut di kepala Anda, akan terjadi sejumlah gangguan yang bakal menghambat dalam kegiatan sehari-hari. Masalah kutu pada rambut ini juga sering kali identik dan sangat mirip dengan kemunculan ketombe.

Walau terdapat beberapa kemiripan antara masalah kutu dan ketombe, tapi tetap saja terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua hal penyakit menyebalkan ini. Terutama tanda-tanda atau ciri-ciri saat Anda memiliki kutu di rambut.

Kutu pada rambut umumnya mempunyai ukuran sekitar 3 mm dan menyedot darah manusia hingga akan terasa gatal pada kulit kepala. Kutuini tidak dapat terbang atau melompat sehingga berbeda dengan kutu-kutu yang lainnya.

Kutu ini biasanya menyebar melalui kontak dari kepala penderita ke kepala orang lain. Selain itu, penyebarannya juga bisa saja terjadi melalui barang-barang penderita seperti pakaian atau sisir yang dipakai oleh orang lain.

Kutu ini umumnya berada di kulit kepala, namun tak menutup kemungkinan juga kalau kutu bisa berada di alis atau bulu mata pula. Walau tak menyebarkan penyakit, tapi masalah ini bisa sangat mengganggu dan meresahkan.

Tanda Gangguan Kutu Rambut dan Daftar Penyakit yang Mengiringinya

Terdapat sejumlah tanda yang biasa muncul ketika Anda mempunyai kutu rambut di kepala. Berikut sejumlah tanda yang umumnya terjadi ketika Anda memiliki kutu di rambut kepala dan daftar penyakit yang mengikutinya.

  1. Rasa Gatal yang Terus-menerus

Munculnya rasa gatal pada sejumlah bagian kepala merupakan tanda umum adanya kutu pada rambut. Rasa gatal ini sendiri disebabkan oleh iritasi kulit dan reaksi kulit kepala saat air liur kutu. Demikian yang diterangkan oleh Patricia Garcia, MD, seorang dokter anak Connecticut Childrens Medical Center.

Ketika kutu ini mulai muncul di kepala, rasa gatal tidak serta merta langsung muncul. Butuh waktu beberapa hari sebelum mulai timbulnya rasa gatal di kepala ini.

  1. Terdapat Titik Putih di Rambut

Pada orang yang memiliki kutu rambut, tentu akan muncul telur kutu pada rambut. Terkadang, hal ini menyerupai ketombe. Ashanti Woods, MD, dokter anak di Baltimores Mercy Medical Center, mengatakan hal tersebut.

Hanya saja, kasus ini berbeda dengan ketombe yang mudah dihilangkan dari rambut, telur kutu sangat sulit dihilangkan dari rambut secara langsung. Bentuknya juga cukup berbeda karena menyerupai beras walau dalam ukuran yang sangat kecil, dan menempel erat di ujung helaian rambut.

  1. Rasa Menggelitik yang Ada di Kulit Kepala

Meski tidak dialami semua orang, tapi beberapa bisa merasa ketika kutu di rambut ini bergerak. Pada beberapa kasus, muncul perasaan menggelitik ketika kutu ini bergerak.

  1. Munculnya Bintik Merah di Kulit Kepala

Rasa gatal di kulit kepala disebabkan oleh air liur kutu yang masuk ke dalam kulit kepala saat menggigit. Hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan bintik merah atau benjolan yang kemudian muncul di kepala. Karena benjolan ini tersembunyi di bawah rambut, jadi bisa cukup sukar untuk ditemukan, namun jelas sangat mengganggu.

Anda juga bisa mengalami berbagai daftar penyakit penyerta lainnya dari kehadiran kutu ini. Karena itulah Anda harus berhati-hati, Anda juga bisa menghubungi dokter melalui aplikasi chat SehatQ.com apabila ingin berkonsultasi secara online mengenai si kutu ini.