Keutamaan Puasa 10 Hari Pertama Bulan Ramadan Perlu Anak Ketahui

Bulan Ramadhan adalah bulan yang pernuh berkah dan rahmat-Nya. Berikut ini adalah ulasan mengenai keutamaan 10 hari pertama Ramadhanyang perlu untuk kamu ketahui.

  1. Terbukanya pintu rahmat Allah Swt

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Allah membuka pintu rahmat-Nya pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan. Pintu rahmat Allah akan dibukakan untuk setiap hamba yang menjalankan ibadah puasa dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena sejak awal melaksanakan ibadah puasa.

  • Memberi keberuntungan

Orang yang menjalankan ibadah puasa di 10 hari pertama Ramadhan juga akan mendapatkan keberuntungan, dimana selama bulan Ramadhan ia akan selalu berada dalam petunjuk-Nya dan selalu dalam lindungan Allah.

  • Banyak melakukan amal ibadah sunah

Memperbanyak ibadah dan meningkatkan intensitas ibadah sunah di 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah hal yang jangan sampai dilewatkan. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk meluangkan waktu untuk beribadah sunah seperti membaca Al-Qur’an, sholat tarawih, sholat witir, sholat dhuha, dan sholat rawatib.

  • Rajin membaca Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan sebagai ilmu dan pengetahuan, serta sebagai penunjuk jalan kehidupan. Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Membaca Al-Qur’an juga bisa mendatangkan rahmat Allah SWT dan membuat hati kita tenang.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah (2) ayat 2 yang artinya:

“Itulah Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.”

  • Memperbanyak berdzikir

Dzikir adalah salah satu bentuk ibadah yang bisa kita lakukan kapan dan dimanapun selama tempat kita berdzikir itu suci. Dzikir adalah ibadah yang kita lakukan untuk mengingat Allah dan ibadah yang harus perbanyak kita lakukan jika ingin selalu dekat dengan-Nya. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWT dan dekat dengan-Nya.

  • Sholat berjamaah

Ibadah di bulan Ramadhan yang perlu diutamakan adalah sholat berjamaah. Sholat berjamaah juga merupakan ibadah sebagai cara silahturahmi dan cara dalam menjaga hubungan baik antar sesama muslim, dimana menjaga silaturahmu juga merupakan sebuah ibadah. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah meskipun keadaannya sakit atau cuaca yang tidak menentu.

Terdapat do’a-do’a di setiap 10 hari pertama bulan Ramadhan. Sekarang ini kita memasuki hari ke-4 dan akan memasuki hari ke-5 dan ke-6 puasa, maka berikut ini adalah bacaan do’a di hari ke-5 dan ke-6 Ramadhan.

  • Bacaan do’a di hari kelima 10 hari pertama puasa Ramadhan

“Allaahummajalnii fiihi minal mustaghfiriin, wajalnii fiihi min ibaadikash shaalihiinal qaanitiin, wajalnii fiihi min awliyaaikal muqarrabiin, birafatika yaa Arhamar raahimiin.”

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang memohon pengampunan, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan para kekasih-Mu yang dekat dengan-Mu. Dengan kasih sayang-mu wahai Dzat Yang Lebih Pengasih dari para pengasih.”

  • Bacaan doa di hari keenam 10 hari pertama puasa Ramadhan

“Allaahumma laa takhdzulnii fiihi litaarrudhi mashiyatika, wa laa tadhribnii bisiyaathi naqimika, wa zahrihnii fiihi min muujibaati sakhatika, bimannika wa aayaatika yaa Muntahaa raghbatir raaghibiin.”

Artinya:

“Ya Allah, jangan Kau hinakan aku di bulan ini karena keberanianku bermaksiat kepada-Mu, jangan Kau cambuk aku dengan cambuk kemurkaan-Mu dan jauhkanlah aku dari (segala perbuatan) yang menyebabkan murka-Mu. Dengan anugerah dan kekuasaan-Mu wahai Puncak Harapan para pengharap.”