Jambu biji merupakan tanaman tropis yang berkulit hijau, dan memiliki buah warna merah dan putih, biasanya memiliki rasa asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Banyak orang yang berinovasi dengan buah ini. Contohnya sirup dan kapsul daun jambu biji yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa macam jenis penyakit, contohnya obesitas.

Sirup jambu biji pun banyak peminatnya, dari anak – anak sampai orang dewasa. Saat ini sudah banyak suplemen yang berbahan dasar jambu biji, untuk menjaga kekebalan tubuh dari cuaca yang tidak menentu. Olahan jambu biji bisa anda dapatkan di apotik terdekat, lihat dulu ketersediannya dengan aplikasi Go Apotik. Selain jambu hijau, masih banyak jenis jambu yang ada di Indonesia..

Jenis Jambu Biji di Indonesia

  • Jambu sukun

Tidak seperti jambu biji lainnya, jambu sukun tidak memiliki biji sama sekali. Warna lebih hijau dibanding jambu lain dan memiliki buah warna putih. Buah ini akan memiliki tekstur yang keras dan berwarna putih kekuningan juga sudah matang.

  • Jambu kristal

Jambu ini biasa dijumpai pada pusat perbelanjaan, maupun pasar tradisional. Memiliki biji yang sedikit dan juga tekstur yang renyah seperti apel. Tak jarang orang menyebutnya jambu apel karena bentuk dan teksturnya yang mirip apel.

  • Jambu bangkok

Jambu ini memiliki kelebihan bentuknya yang besar. Sesuai dengan ukurannya, biji yang tedapat pada buah ini juga besar. Walaupun tidak memiliki kandungan air sebanyak buah jambu biji lain, jambu bangkok memiliki rasa yang lebih manis dibanding yang lain. Cocok untuk yang mengidap diabetes yang ingin mengkonsumsi buah manis tapi tetap aman.

  • Jambu tanjung barat

Buah yang berasal dari tanjung barat dan pasar minggu ini memiliki dua jenis daging, yaitu berwarna putih dan merah. Banyak yang lebih menyukai warna putih, karena dagingnya tebal, tekturnya renyah, dan biasanya rasanya manis. Tidak seperti yang berwarna merah karena kurang manis, tidak tebal dan biasanya cepat busuk. Jambu ini merupakan ras lokal dari Indonesia.