Gaya hidup atau yang lebih populernya disebut lifestyle merupakan gambaran tingkah laku, pola serta cara hidup yang ditunjukkan oleh seseorang dalam aktivitas kesehariannya. Baik itu berupa minat dan ketertarikannya serta apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga menjadi pembeda statusnya dengan orang lain serta lingkungan melalui simbol-simbol sosial yang mereka miliki. Atau gaya hidup ini adalah seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Dari sudut ekonomi, gaya hidup ini adalah perilaku seseorang dalam membelanjakan uangnya serta bagaimana cara mengelolanya.

Agar Tidak Keliru Ketahui Gaya Hidup yang Dianjurkan untuk Cegah Kanker

Jenis-Jenis Gaya Hidup Modern

  • Funcionalist

Orang dengan gaya hidup ini akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang penting, pendidikan rata-rata, pendapatan rata-rata, kebanyakn pekerja kasar (buruh), berusia kurang dari 55 tahun serta sudah menikah dan memiliki anak.

  • Nurturers

Yang termasuk pada gaya hidup ini adalah orang usia muda dan berpenghasilan rendah, berfokus pada membesarkan anak, baru menikah dan nilai-nilai keluarga, pendidikan diatas rata-rata.

  • Aspirers

Orang dengan gaya hidup ini berfokus pada menikmati gaya hidup tinggi dengan membelanjakan uang yang cukup banyak untuk membeli barang-barang mewah, khususnya rumah, memiliki karakteristik Yuppie Klasik, pendidikan tinggi, pekerja kantoran, menikah tanpa anak.

  • Experientials

Seseorang dengan gaya hidup ini akan membelanjakan uang dengan jumlah yang banyak untuk barang-barang hiburan, hobi, dan kesenangan, pendidikan rata-rata, pendapatan diatas rata-rata karena bekerja sebagai kantoran.

  • Succeeders

Seseorang dengan gaya hidup ini bisa memiliki rumah tangga yang mapan. Dengan usia setengah baya dan berpendidikan tinggi, memiliki pendapatan yang tertinggi dari kelompok lainnya, banyak menghabiskan waktunya untuk pendidikan serta kemajuan diri dan menghabiskan uang di atas rata-rata yang berkaitan dengan profesinya.

  • Moral Majority

Orang dengan gaya hidup ini akan memiliki banyak pengeluaran yang cukup besar untuk LSM, partai politik, maupun ormas keagamaan. Jadi orang ini sangat aktif terlibat dalam masalah sosial. Selain itu, orang ini memiliki pendapatan tertingggi ke-2

  • The Golden Years

Orang yang termasuk pada gaya hidup ini kebanyakan dari pensiunan, memiliki pendapatan tertinggi ke-3, akan melakukan pembelian tempat tinggal ke-2, dan akan mengeluarkan budget cukup besar untuk produk padat modal dan hiburan.

  • Sustainers

Orang pada gaya hidup ini kebanyakan dari orang dewasa atau sudah tua, sudah pensiunan, pendidikan rendah serta memiliki pendapatan terendah ke-2. Sebagain besar budget akan digunakan untuk keperluan sehari-hari.