Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang Keras

Salah satu keistimewaan Islam adalah mengajarkan seluruh umatnya untuk selalu berdoa. Aktivitas apapun yang dilakukan ada tuntunan doa yang menyertainya. Termasuk sebelum makan juga ada doanya. Dan dibalik doa sebelum makan tersebut terdapat keutamaan dan manfaatnya.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan tentang doa sebelum makan, keutamaan, dan manfaatnya dibawah ini :

  1. Doa Sebelum Makan
  2. Doa Sebelum Makan Paling Singkat

Doa sebelum makan yang paling singkat dan paling shahih adalah membaca basmalah, yaitu membaca “Bismillah”.

Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah SAW : Jika salah seorang diantara kalian makan, hendaklah dia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika dia lupa menyebut nama-Nya diawal, maka hendaklah dia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, dia mengatakan hadits hasan shahih).

  • Doa Sebelum Makan Paling Populer

Doa sebelum makan lainnya yang lebih populer di masyarakat yang bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah. Yaitu doa yang berbunyi :

“Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka”.

Dalam riwayat Ibnu Sunni, sebagaimana dicantumkan Imam Nawawi dalam Al-Adzkar, terdapat tambahan bismillah sehingga menjadi :

“Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar. Bismillah”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah”.

Doa sebelum makan ini berisi permohonan keberkahan makanan yang dimakan. Memohon keberkahan atas apa yang telah Allah rezekikan. Serta memohon perlindungan dari siksa neraka, karena begitu banyak orang yang masuk neraka karena mulutnya. Baik karena apa yang dimakannya maupun karena apa yang diucapkannya.

  • Keutamaan Dan Manfaat Doa Sebelum Makan

Keutamaan doa sebelum makan ini adalah setan akan menjauh dan juga tidak ikut makan bersamanya. Maka manfaatnya, makanan yang disantap menjadi lebih berkah baik untuk beribadah maupun untuk beraktivitas positif lainnya.

Jika tidak membaca doa sebelum makan, setan akan turut makan bersamanya. Dalam hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah SAW sedang duduk, beliau melihat seseorang yang sedang makan tanpa membaca doa terlebih dahulu atau tanpa menyebut nama Allah hingga makanannya hanya tinggal satu suapan saja.

Ketika dia mengangkat makanannya ke mulut, dia baru membaca “Bismillah awwalahu wa akhirahu”. Kemudian Rasulullah SAW pun tersenyum dan bersabda, “Setan selalu ikut makan bersamanya.” Dan ketika dia menyebut nama Allah, setan pun langsung memuntahkan makanan yang ada didalam perutnya.”

Allah SWT mengajarkan doa-doa kepada umat-Nya agar selalu terhubung dengan-Nya. Agar umat-Nya selalu bergantung kepada-Nya serta senantiasa berharap kepada-Nya. Dan setiap doa akan dikabulkan Allah SWT.

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya : “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu.”

Allah SWT menyukai hamba-hamba-Nya yang banyak berdoa. Karenanya Allah SWT ajarkan doa-doa untuk setiap aktivitas serta setiap kesempatan. Justru ketika seorang hamba enggan untuk berdoa, maka sesungguhnya itu merupakan bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka.

Dan Allah SWT berfirman : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’min : 60).