Tahukah Kamu? Apabila kita mengonsumsi teh hijau secara rutin, maka kita bisa menurunkan berat badan kita. Makanya, tidak heran jika teh hijau menjadi jenis minuman yang cocok bagi kita yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan bahwa mengonsumsi teh hijau tidak boleh asal-asalan karena ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan apabila kita ingin mendapatkan manfaat konsumsi teh hijau secara maksimal. Seperti yang kita tahu, apabila dikonsumsi secara benar, maka teh hijau akan berperan efektif dalam program penurunan berat badan kita. Supaya khasiatnya maksimal, kita harus menghindari diri untuk mencampurkan apapun ke dalam teh hijau yang akan kita minum. Selain itu, kita juga perlu mengetahui waktu terbaik untuk mengkonsumsinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini!

1. Minum selagi hangat

Teh hijau memang bisa kita nikmati baik dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin. Namun, apabila kita ingin mendapatkan khasiat penurunan berat badan, maka disarankan untuk menikmati teh hijau selagi masih hangat. Kita bisa menyeduh daun teh hijau asli menggunakan air panas yang suhunya berkisar antara 80-90 derajat celcius. Tunggu sebentar sampai teh menjadi hangat, setelah itu kita bisa meminumnya sampai habis.

2. Minum sebanyak 3-4 kali sehari

Selain meminum teh hijau selagi hangat, hal lainnya yang perlu kita perhatikan apabila ingin menurunkan berat badan ialah berapa banyak kita meminum teh hijau. Disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak 3-4 kali sehari di saat setelah sarapan. Soalnya, meminum teh hijau ketika perut kita masih kosong bisa menyebabkan tubuh kita memproduksi asam lambung. Sementara itu, pada siang hari kita bisa kembali mengonsumsi teh hijau untuk sejenak menyegarkan diri setelah menjalani aktivitas yang padat. Dan pada malam hari, kita bisa kembali meneguk teh yang satu ini. Di sela-sela waktu tersebut, kita juga bisa menikmati teh hijau, misalnya pada sore hari ketika pulang bekerja. Pada dasarnya, teh hijau tidak hanya membantu proses diet, tetapi juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar.

3. Tidak memberikan campuran apapun ke dalam teh hijau

Apabila kamu termasuk orang yang suka minum olahan teh hijau seperti matcha latte, maka disarankan untuk mengganti dulu kebiasaan kamu yang satu ini ketika sedang diet. Soalnya, jika dicampurkan dengan tambahan lain, teh hijau tidak akan bisa berkhasiat maksimal. Entah itu susu, jeruk nipis, atau madu, sebaiknya tetap tidak ditambahkan ke dalam teh hijau yang satu ini. Seperti yang kita tahu, jika menambahkan susu atau madu, maka kandungan kalori pada teh hijau juga akan meningkat. Sementara itu, jeruk nipis memang terkenal bermanfaat untuk kita yang sedang diet, namun konsumsi teh hijau bersama dengan jeruk nipis tidak disarankan bagi orang-orang yang memiliki maag.

4. Tidak mengonsumsi teh hijau sebelum tidur

Apabila kita sedang melaksanakan diet, sebaiknya kita tidak mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung kafein, meskipun kandungannya tidak sebanyak kopi. Kandungan kafein pada teh hijau membuat kita menjadi susah tidur, terutama jika kita menikmati teh hijau 2 jam sebelum tidur. Makanya, disarankan untuk tidak mengonsumsi teh hijau agar tidak mengalami insomnia. Ketika kita kurang tidur, maka metabolisme tubuh kita juga akan terhambat. Hal ini berakibat pada tidak optimalnya pembakaran lemak di tubuh. Makanya, teh hijau lebih baik dikonsumsi setelah makan malam.