Trish Thomas, Difabel yang Mengurus Anaknya dengan Mulut dan Giginya

283 views

trish-thomasTerkena penyakit langka arthrogyposis membuat kedua kaki dan tangan Trish Thomas lumpuh. Sejak umur 8 tahun ia harus menggunakan kursi roda. Meski kedua organ yang sangat vital itu tak bisa berfungsi normal, Trish sanggup mengasuh ketiga anaknya dengan baik. Ia merawat dan membesarkan ketiga anaknya menggunakan mulut dan giginya.

Merawat anak bukanlah hal mudah, sangat menguras fisik dan mental. Apalagi buat Trish yang kemampuan fisiknya sangat terbatas. Mau tak mau, ia bekerja ekstra keras dibanding ibu-ibu normal lainnya. Ia juga harus putar otak mencari cara agar bisa merawat anak-anaknya dengan kondisi yang serba terbatas.

Baca juga : Akibat Kelainan Gen Keluarga Ini Berwujud Manusia Serigala

Trish ngotot membesarkan anaknya sendiri. Selain didorong rasa cinta ibu yang mendalam pada anak-anaknya, juga lantaran ingin membuktikan bahwa seorang ibu yang cacat pun bisa mengurus anak sama baiknya dengan ibu-ibu normal.

Salah satu cara Trish mengasuh anak-anaknya adalah dengan bantuan mulut dan giginya. Mulai dari mengganti popok, membuatkan sarapan, sampai menggosok gigi anaknya, semua dilakukan dengan menggunakan gigi Trish.

Trish juga yang mengantar anak sulungnya ke sekolah dengan menggunakan kursi roda yang sudah dimodifikasi. Sistem jalan raya di Inggris yang terbilang ramah untuk para difabel membuat Trish tak kesulitan mengantar sang putri ke sekolah. Kursi roda itu juga dipakai Trish untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka.

Baca juga : Temuan Monyet Bersin di Himalaya Bikin Heboh Ilmuwan

Menurut Trish, sang suamilah, Peter, yang merawatnya dengan penuh kasih sayang. Keduanya bahu-membahu mengurus anak. Peter sangat suportif. Mereka berdua berada di tim yang sama. Mereka bergantian mengantar dan menjemput anak dari sekolah. Trish tak mempunyai otot lengan dan kaki karena penyakitnya.

Dengan keterbatasan fisik, Trish mengaku sangat menikmati perannya sebagai ibu. “Terus terang, tugas saya sungguh berat. Tapi saya tak merasakan itu. Alih-alih menjadi beban, tugas sebagai ibu malah terasa menyenangkan,” kata Tris. “Menjadi lebih menyenangkan, karena saya ingin menginspirasi banyak orang bahwa sebagai difabel, saya mampu mengurus keluarga dengan baik,” kata Trish yang cara mengasuh anaknya ditampilkan kanal BBC Three lewat dokumenter bertajuk A Special Mum.

Tags: #Difabel #Gigi dan Mulut #Trish Thomas

Leave a reply "Trish Thomas, Difabel yang Mengurus Anaknya dengan Mulut dan Giginya"

Author: 
    author