Tren Coworking Space dan Kemajuan Bisnis Start Up

70 views

Memiliki sebuah gedung perkantoran sendiri merupakan impian semua pendiri bisnis startup. Namun kendala yang biasa dialami oleh para pebisnis pemula ini adalah masalah anggaran. Besarnya biaya sewa gedung menjadi masalah serius yang sering kali menghambat kemajuan bisnis karena dana yang seharusnya bisa untuk pengembangan perusahaan tapi harus digunakan untuk sewa gedung. Tetapi seperti pepatah mengatakan bahwa permasalahan seseorang akan menjadi keuntungan bagi orang lain. Begitulah kira-kira ungkapan yang tepat untuk tren berbagi tempat kerja yang sekarang ini sedang marak, atau yang biasa disebut dengan coworking space. Di kota-kota besar, tren berbagi tempat usaha ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan memiliki peminat yang membanjir.

Pemberian nama tren ini berasal dari kata coworking yang bisa diartikan dengan kolaborasi atau bekerja sama. Di tempat ini, para pebisnis start up bisa mendapatkan tempat untuk bekerja yang senyaman kantor namun dengan harga sewa yang sangat ramah kantong. Di coworking space ini yang diutamakan bukan hanya kerja sama untuk menggunakan fasilitas fisik saja, melainkan juga membuka peluang untuk sesama pebisnis start up untuk saling mendukung dan menjalin kerja sama. Tempat bekerja seperti ini tidak hanya cocok untuk para pemilik bisnis yang masih memulai usaha tetapi juga untuk para pekerja paruh waktu yang membutuhkan tempat bekerja yang nyaman layaknya kantor tetapi bukan kantor. Menarik, bukan?

Ada banyak tempat seperti ini yang bisa Anda temui karena tren ini berjalan berbanding lurus dengan perkembangan bisnis start up terutama di bidang bisnis digital yang sedang menjamur di masyarakat. Atmosfir dalam “kantor” ini nyaman dan terbuka. Jadi siapa saja yang bergabung di dalamnya bisa saling berinteraksi tanpa ada batasan. Bagi Anda para pemilik bisnis start up, sepertinya hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tempat usaha. Atau mungkin malah Anda yang ingin membuka tempat coworking space? Mengingat prospeknya yang terjamin, tren bisnis ini bisa menjadi pertimbangan bagi para entrepreneur.

Leave a reply "Tren Coworking Space dan Kemajuan Bisnis Start Up"

Author: 
    author