Tips Merawat Kaca Mobil dengan Baik dan Benar Agar Selalu Terlihat Bersih

Hasil gambar untuk http://beritaoto.net

Tak jarang kita melakukan perawatan pada kendaraan kita baik sepeda motor maupun mobil  dengan sebaik-baiknya. Tapi tak sedikit juga yang bahkan jarang melakukannya atau menyerahkan pekerjaan ini kepada penyedia jasa perawatan kendaraan. Untuk merawat sepeda motor tentulah lebih dari mudah dibandingkan dengan mobil. Bodi mobil yang besar tentulah sangat menyulitkan sebagian orang untuk melakukan perawatan.

Menjaga kebersihan mobil harus bagian dalam maupun luar. Perawatannya pun tidak bisa secara asal-asalan. Salah-salah bukannya bersih tetapi malah akan menimbulkan masalah baru, seperti tergores ataupun menimbulkan bercak-bercak. Memiliki tampilan kaca mobil yang bersih serta tidak mengganggu pandangan merupakan salah satu idaman pemilik mobil. Tetapi dalam perawatannya sering melakukan tindakan yang secara tidak langsung malah membuat kaca mobil tampak kusam dan tergores.

Perawatan kaca mobil tentunya berbeda dengan merawat bodi mobil. Tidak bisa dengan asal-asalan mengelap kaca dan menggunakan sembarang kain. Hal ini karena pada lapisan kaca terdapat lapisan penahan UV yang dikhawatirkan akan memudar secara perlahan-lahan. Tentunya kita tidak mau bukan hal ini terjadi?. Untuk menghindari hal ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat membersihkan kaca mobil.

Tips membersihkan kaca mobil

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat melakukan perawatan pada kaca mobil, diantaranya yaitu:

  1. Hindari membiarkan kotoran yang menempel pada kaca mobil dalam jangka waktu yang lama.

Segerakan membersihkan bagian yang terkena kotoran. Hal ini untuk menghindari kaca menjadi berjamur. Selain itu dengan membersihkannya segera maka akan lebih mudah daripada saat kotoran sudah mengering.

  1. Mengaktifkan pembersih kaca (wiper) hanya saat terkena air saja. Menggunakan wiper saat keadaan kaca kering hanya kan membuat bagian kaca menjadi tergores halus. Jika dibiarkan kebiasaan ini terus menerus, tidak menutup kemungkinan tampilan kaca menjadi kusam. Jika ingin membersihkan kaca mobil dengan wiper bisa dilakukan dengan membasahi permukaannya dengan air terlebih dahulu. Pastikan juga saat memutar wiper tidak dalam posisi full speed karena kan mengikis lapisan kaca.
  1. Pilihlah pembersih yang memang khusus untuk kaca mobil . Kaca pada mobil umumnya berwarna transparan yang dilapisi kaca film, sehingga mampu menangkal sinar UV berlebih ketika berada di dalam mobil.
  1. Pilihlah tempat yang tepat untuk membersihkan.
  2. Hindari membersihkan mobil di bawah terik matahari. Karena cairan pembersih akan cepat menguap dan kering. Sehingga akan menimbulkan bercak-bercak. Bisa membersihkan kaca mobil dengan memarkirkan mobil terlebih dahulu di tempat yang teduh, misalnya di bawah pohon pekarangan rumah atau di garasi mobil.
  3. Bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkan kaca mobil.

Kain jenis ini sangat cocok untuk membersihkan kaca mobil. Kain ini bisa mencegah kemungkinan kaca tergores karena partikel-partikel kotoran yang menempel.

Leave a reply "Tips Merawat Kaca Mobil dengan Baik dan Benar Agar Selalu Terlihat Bersih"

Author: 
    author