Tips Memilih Dan Mengajukan KTA Dengan Mudah

6342 views

Senang

Mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan atau yang disebut dengan KTA memang seringkali dipilih sebagai kemudahan dalam memperoleh dana pinjaman di suatu instansi. Kemudahan tersebut akan terwujud secara optimal bilamana dalam peminjaman ini dilakukan dengan hati-hati. Tindakan selektif tersebut pun ditujukan untuk memilih pihak instansi yang terbaik dan juga memberikan pelayanan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, pemilihan pinjaman di suatu instansi seperti di Bank maupun di pihak jasa peminjaman uang lainnya harus cermat seperti di Taralite.com startup peminjaman yang proses nya mudah dan cepat.

Tips memilih kredit tanpa agunan terbaik

Memang Bank dan juga jasa penyedia pinjaman dana lainnya telah banyak yang menerapkan program peminjaman uang tanpa aset sebagai bentuk jaminan. Anda pun bisa memilih program KTA guna memenuhi kebutuhan finansial bersangkutan. Seperti contohnya pada biaya pernikahan, modal usaha, dana pengobatan, biaya renovasi rumah dan lainnya. Hampir sebagian besar pihak instansi tidak membatasi penggunaan dana tersebut. Meskipun begitu, pilih memilih pihak instansi bersangkutan haruslah diprioritaskan sebelum memutuskan untuk memilih peminjaman ini demi kebaikan pihak peminjam. Dalam pilih memilih program kredit ini, Anda pun dapat mengawalinya sedari tips-tips pemilihan pihak yang tepat dan terbaik, yakni:

  • Pilih instansi resmi dan terpercaya.
  • Pastikan bahwa pihak bersangkutan mempunyai reputasi baik dalam menangani bentuk peminjaman uang tanpa jaminan tersebut.
  • Pilih tipe bunga yang ditawarkan. Bila tidak tahu sistemnya, dapat ditanyakan terlebih dahulu. Pada umumnya menawarkan bunga flat dan efektif, dimana bungan efektif jauh lebih rinan dibandingkan dengan bunga flat.
  • Ketahui persyaratan yang mudah dalam pengajuan peminjaman secara kredit tersebut.
  • Pastikan ada stimulasi pembayaran peminjaman dari hitungan yang Anda inginkan.

Setelah proses pemilihan pihak penyedia layanan KTA yang tepat, terdapat beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebagai peminjaman. Terutama dalam pengajuan permohonan agar segera diterima. Dalam pengajuan yang approved, ada tips-tipsnya seperti:

  • Pastikan Anda mempunyai kartu kredit yang telah dipakai setidaknya selama 1 tahun. Tak lupa pula bahwa pembayaran kredit juga lancar-lancar saja.
  • Pastikan Anda memiliki penghasilan tetap dan dapat digunakan untuk membayar hutang, setidaknya tidak melebihi 50% dari gaji.
  • Pastikan Anda tidak mempunyai masalah dalam urusan pinjam meminjam di instansi lainnya. Bila ada, segera selesaikan terlebih dahulu karena hal tersebut dapat menghambat dan menolak permohonan peminjaman KTA
  • Ketahui persyaratan yang ada dan pastikan telah Anda siapkan semuanya, karena satu saja tak terlampirkan, maka permohonan bisa beresiko ditolak.
  • Miliki nomor telephone yang selalu aktif agar bisa dikonfirmasi di setiap saat oleh pihak Bank bersangkutan.

Pengajuan permohonan yang diterima berarti penggunaan dana yang diajukan bisa segera diaplikasikan sesuai kebutuhan. Bersama kemudahan peminjaman secara kredit dapat menjangkau adanya pemenuhan suatu kebutuhan yang sifatnya harus dipenuhi dengan cepat seperti kebutuhan, persiapan persalinan, persiapan pernikahan, kebutuhan darurat dan mendadak maupun untuk keperluan di lain hari. Sehingga peminjaman secara kredit ini memang dapat diandalkan sebagai solusi dalam mengatasi masalah di bidang finansial. Seperti yang diketahui bahwa kondisi ekonomi memang tak selalu pasti. Hambatan dalam pemenuhan anggaran pun seringkali menjadi masalah tersendiri entah itu dalam hitungan yang terbilang kecil, sedang maupun tinggi. Kebutuhan finansial tersebut dapat Anda serahkan kepada instansi terbaik yang dipercaya dalam memberikan peminjaman. Terlebih dahulu memang harus melampirkan permohonan yang diterima. Bila tidak, maka dana yang Anda perlukan tak akan cair. Dalam pengajuan pinjaman ini, tak sedikit pihak-pihak pemohonan KTA yang ditolak karena suatu alasan. Pada biasanya, sebab tidak disetujuinya permohonan tersebut dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranya ialah:

  • Riwayat pembayaran kredit yang bermasalah, barangkali memang bukan Anda, tetapi pada pasangan maupun keluarga bisa berpengaruh.
  • Persyaratan yang kurang lengkap entah itu dari ketentuan umum maupun dari segi dokumen.
  • Tidak mempunyai kartu kredit.
  • Sedang terlibat hutang.

Terdapat beberapa sebab yang membuat permohonan peminjaman tanpa jaminan ditolak. Dengan begitu, pastikan pula bahwa sebab tersebut tak pada diri Anda. Meskipun tak ada masalah dari sisi tersebut, Anda pun perlu memastikan bahwa KTA yang diajukan telah fix. Anda bisa memulai pengajuan dengan cara-cara aman dan mudah berikut ini:

  • Ketahui besarnya nominal yang ada dipinjam dan telah disesuaikan dengan kebutuhan agar pengajuan tidak berlebihan.
  • Tentukan batas tenor yang tepat karena nantinya akan mempengaruhi total angsuran di setiap bulan. Pastikan bahwa cicilan tersebut di tidak melebihi setengah dari penghasilan per bulannya.
  • Pilih jenis bungan yang ringan, yakni bunga efektif. Sistem bunga ini memang lebih besar dari bunga flat, tetapi bila dihitung-hitung nominal secara total lebih kecil daripada dengan bunga flat.

Perbedaan bunga flat dan efektif

Seringkali penawaran peminjaman KTA dicantumkan bunga dan itu pun pasti. Akan tetapi terdapat beragam macam jenis bunga yang ditawarkan. Salah memilih bunga dapat berakibat fatal yakni menjadikan pembayaran lebih banyak dari perkiraan. Bahkan sangat sering pemilihan bentuk bunga yang kurang tepat, hingga membuat anggaran pembayaran angsuran membengkak. Perihal ini seringkli terjadi dan sebenarnya bisa saja dihindari dengan cara yang sangat mudah. Caranya ialah mengenali jenis bunga terlebih dahulu. Jika Anda masih bingung dengan sistem bunga yang ditawarkan, ada baiknya untuk menanyakan secara langsung terlebih dahulu. Pada biasanya bunga terebut bersifat flat dan bunga efktif. Kedua bunga ini jelas berbeda dan titik perbedaan tersebut ialah:

  • Bunga flat ialah persen bunga yang selalu sama dan dihitung dari besarnya pinjaman awal. Bunga tersebut berlaku untuk dihitung dari total pinjaman, sekalipun angsuran telah dibayarkan. Seperti contohnya ialah Pak Adnan meminjam uang 12 juta dengan bunga flat 5% pada masa tenor 1 tahun. Pembayaran per bulan 1 juta rupiah ditambahkan dengan 5% dari 12 juta ruppiah tersebut. Angsuran ini pun berlaku sampai lunas dalam total hitungan yang sama yakni 1 juta ditambah 600 ribu menjadi 1.600.000 ribu rupiah per bulan dan jika dikalikan 12 kali maka akan berjumlah 19.200.000 ribu rupiah.
  • Bunga efektif ialah hitungan bunga yang dihitung dari nilai hutang yang ada, bukan dari total pinjaman utama. Contohnya ialah pak Adnan meminjam uang 12 juta dengan bunga efektif 10% dan masa angsuran 12 bulan, maka pembayaran per bulan ialah 1 juta ditambahkan total 10% dari 12 juta itu. Kemudian angsuran di bulan kedua tinggal 11 juta maka pembayaran bungan 10% dihiung dari angka sisa hutang yakni 11 juta lalu ditambahkan dengan 1 juta.

Dapat diketahui bahwa kredit dengan bunga flat mempunyai total yang lebih tinggi dari bunga efektif, meski total bunga efektif lebih tinggi persennya. Pemilihan KTA dengan sistem bunga yang demikian itu seringkali mengalihkan pihak peminjam dan lebih memilih bunga flat. Padahal, total anggarannya jauh lebih besar. Untuk itu, ketahui model bunga sebelum memutuskan untuk meminjam agar tidak membebankan pembayaran yang tinggi di setiap bulannya.

Leave a reply "Tips Memilih Dan Mengajukan KTA Dengan Mudah"

Author: 
    author