Tips dalam Memilih Sepeda Anak yang Tepat

445 views

Main sepeda

Masih ingatkah ketika pertama kali dibelikan sepeda oleh kedua orang tuamu, ada perasaan bahagia yang tidak bisa dilupakan, hal itu juga akan dialami oleh anak-anakmu. Namun sebagai orang dewasa kita tentu akan lebih mudah untuk membeli sepeda untuk diri kita sendiri, sedangkan untuk anak-anak ada banyak faktor yang mesti dipertimbangkan terlebih lagi ukuran tubuh mereka yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Untuk mempermudah orang tua, berikut adalah tips untuk memilih sepeda anak yang tepat:

  • Tentukan ukuran sepeda yang dibutuhkan anakmu

Saat memilih sepeda bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan sebaiknya kita memperhatikan ukuran dari kerangka sepeda dan ukuran roda sebagai point penentu. Karena ukuran roda bagi anak-anak menentukan proporsi dari bagian sepeda lainnya, ukuran roda untuk anak-anak biasanya 12, 16, 20 dan 24 inch. Umumnya ukuran sepeda 12 inch didesain bagi anak-anak yang mulai bersepeda dan biasanya berada di kisaran umur 3-5 tahun, dan saat anakmu telah berusia 14 tahun kamu mestinya mencari sepeda dengan ukuran 24 inch.

  • Sepeda paling laku bukan berarti yang terbaik untuk anakmu

Jika saat kamu membeli sepeda, penjualnya hanya menekankan sepeda anak mana yang paling sering dibeli tanpa menanyakan kebutuhanmu, maka cari tempat lain. Karena hal penting dalam memilih sepeda adalah dengan mengujinya dan memperhatikan seberapa baik dan seberapa mampu anakmu mengemudikannya. Kamu harus memperhatikan proporsi tubuh anakmu dan posisi mengemudi personalnya.

  • Pastikan tinggi sepeda cocok dengan kaki anakmu

Keselamatan dalam bersepeda adalah hal yang paling primer bagi anak-anak, jangalah membeli sepeda yang terlalu besar untuk anakmu dengan harapan bahwa ia akan tumbuh besar juga nantinya. Pilihan yang terbaik adalah ketika anakmu masih bisa menginjakkan kakinya ke tanah saat berdiri dengan menggunakan sepeda, sehingga saat mereka harus turun dari sepeda dengan cepat saat sepeda mengalami benturan mereka bisa dengan cepat menyelamatkan diri namun jika sepedanya terlalu besar maka anakmu akan kesulitan dan akhirnya jatuh dan terluka.

  • Dengarkanlah saran-saran dari pakarnya

Jangan pernah meremehkan saran dari orang yang sudah ahli dalam hal ini, karena berbicara 5 menit dengan pakar yang berpengalaman dan terkenal reputasinya bisa menghemat waktu berjam jam yang kamu habiskan di internet mencari jawaban yang tepat.

  • Mulailah dari mereka kecil untuk menjaga ketekunan
  • Sepeda untuk anak usia 2-5 tahun: semakin muda anakmu mulai belajar bersepeda maka akan semakin percaya diri mereka untuk bersepeda di beberapa tahun kemudian. Sepeda terbaik untuk anak-anak pada usia ini adalah balance bike, yaitu sepeda tanpa pedal dan hanya punya rem. Sepeda ini akan membantu anakmu untuk mempelajari keseimbangan dan cara untuk menyetir, disamping itu sepeda ini akan menjaga anakmu dari kecelakaan karena aman.
  • Sepeda Basic untuk anak usia 3-6 tahun: ini merupakan jenis sepeda klasik, dengan ukuran roda sebesar 12, 14 dan 16 inch. Hal yang penting dalam kondisi ini adalah ukuran yang sesuai dengan proporsi tubuh seperti yang telah digambarkan sebelumnya. Tidak seperti di sepeda sebelumnya, untuk masa ini kaki mereka akan berada di pedal sehingga stabilitas dari keseimbangan adalah kunci utama agar tidak terjatuh.

Demikianlah info mengenai cara memilih sepeda anak yang tepat, semoga dapat diaplikasikan dan bermanfaat dalam memilih sepeda mana yang terbaik untuk anakmu, selamat mencoba!

Leave a reply "Tips dalam Memilih Sepeda Anak yang Tepat"

Author: 
    author