Tips Berbelanja Online Yang Aman

249 views

bisnis online untuk usaha rumahan

Kini banyak orang yang berbelanja online untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Maka dari itu banyak orang yang memanfaakan momen ini untuk berjualan secara  online. Namun tidak semua orang yang berjualan online benar-benar ingin melakukan bisnis ini. Ada sebagian orang yang culas dan menjadi penipu dengan berpura-pura menjaul barang namun barang tak pernah terkirim. Banyak orang yang sudah terkena tipu dan kapok untuk belanja online lagi, namun sebenarnya belanja online bisa sangat aman jika anda mengetahui triknya agar tak tertipu. Agar anda memahami lebih jauh anda bisa memperhatikan tips berbelanja online yang aman berikut.

  1. Pastikan Tempat Belanjanya Aman

Hal yang pertama ini harus anda lakukan agar belanja online anda aman adalah anda harus pastikan jika tempat belanjanya aman dan terpercaya. Tempat belanja yang aman anda bisa pastikan dengan melihat track record mereka. jika tempat belanja online yang sudah mempunyai nama seperti tempat belanja online yang banyak menjual barang apapun dan sudah menjadi Pt maka sudah dapat dipastikan aman. Namun jika tempat belanja onlinenya masih individu seperti penjual online yang menjajakan barang dagangannya lewat media sosial barulah anda harus merasa waspada. Anda harus memeriksa komentar-komentar orang tentang tempat belanja itu. Jika anda komentar negatif mengenai tempat belanja itu maka anda harus berpikir lagi untuk membeli barang tersebut.

  1. Jangan Sembarangan Transfer Uang

Salah satu cara yang banyak dilakukan penjual online penipu adalah memaksa anda untuk melakukan transfer secepatnya. Sebelum transfer uang harus pastikan dulu apakah barang yang dijual memang ada atau tidak. Kemudian apakah penjual online tersebut memilih renspon positif atau negatif. Anda jangan langsung transfer uang sebelum memastikan apakah barang yang anda beli ada atau tidak. Namun jika Anda ingin lebih aman, tentu lebih baik Anda menggunakan dompetku dari indosat agar lebih tenang dalam blanja secara online.

  1. Membaca Seluruh Komen

Biasanya penipu penjual orang akan langsung menhapus komentar negatif yang ada.  Untuk itu anda harus melihat komentar yang ada bahkan yang sudah sangat lama. Karena dengan begini pasti anda akan tahu apakah penjual online tersebut terpercaya atau tidak. Misalnya penjual online berjualan di facebook maka anda lihat komentar dari tahun-tahu sebelumnya seperti tahun 2012 atau sebelumnya. Kemudian jika penjualn online tersebut berjualan di instagram maka anda lihat komentar di gambar-gambar lainnya. Jika perlu di seluruh gambar.

Leave a reply "Tips Berbelanja Online Yang Aman"

Author: 
    author