Tips Ampuh Menghilangkan Cegukan

434 views

OMG

Apa anda pernah menderita karena cegukan tak berhenti? Cegukan sendiri sebenarnya terjadi karena kontraksi secara tiba-tiba pada diafragma dan menyebabkan ruang di pita suara tertutup. Anda pasti sangat terganggu jika cegukan sudah terjadi karena kadang tak bisa berhenti. Ada banyak faktor yang menyebabkan cegukan terjadi. Makan terllalu cepat biasanya hal yang paling sering terjadi dan menyebabkab cegukan. Makan secukupnya juga merupakan isltilah yang tepat karena maka terlalu banyak selain dapat menyebabkan obesitas, juga dapat menyebabkan cegukan setiap saat. mengonsumsi alkohol dalam kadar yang sangat banyak juga membuat cegukan sering terjadi. Untuk menghilangkan cegukan anda tak perlu ke dokter karena dengan cara berikut cegukan anda juga dapat hilang dalam sekejap.

  1. Minum Air Putih

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan meminum air putih. Cara ini mungkin sudah umum diketahui orang banyak dan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Ketika cegukan pertama terjadi kalau bisa anda langsung meminum air putih. Anda juga bisa meminum air putih hangat. Jika cegukan tidak hilang juga maka anda bisa menutup hidung anda kemudian langsung minum air putih. Hal tersebut sudah banyak dilakukan dan berhasil menghilangkan cegukan.

  1. Tahan Nafas

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menhan nafas. Tahanlah nafas beberapa menit agar cegukan hilang. Anda lakukan hal ini berkali-kali sampai cegukan hilang. Anda bisa menahan nafas dengan menutup mulut atau hidung anda atau anda dapat menarik nafas anda dalam-dalam kemudian tahan. Menurut beberapa penelitian dengan menahan nafas dat membuat kontraksi pada diafragma yang menyebabkan cegukan berhenti.

Baca juga : Cara Mengenali Seseorang Dari Bentuk Wajah

  1. Memakan Gula Pasir

Kemudian jika cegukan juga tidak hilang maka anda bisa mencoba alternatif ini dengan menelan satu sendok makan gula pasir secara langsung. Anda bisa menelan cesara langsung tetapi jika tidak bisa anda bisa mengunyah terlebih dahulu sebentar lalu telan secara langsung. Dengan memakan satu sendok gula pasir membuat otot yang ada pada diafragma ketika sedang berkontraksi menjadi normal kembali dan cegukan pun akna hilang.

  1. Menggunakan Kantong Kertas

Alternatif  lainnya yang dapat anda coba untuk menghilangkan cegukan adalah dengan memanfaatkan kantong kertas. Jika anda punya kantong kertas yang dipakai buat belanja anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan cegukan. Caranya cukup mudah anda bernafas di dalam kantong kertas secara terus-terusan. Menurut penelitian dengna bernafas dalam kantong kertas akan mengalihkan cegukan menjadi berfokus pada cara untuk menghilangkan karbondioksida yang terkumpul dalam kantong kertas ketika bernafas.

  1. Kagetkan Diri Anda Dengan Es Batu

Mungkin anda cukup kebingungan bagaimana cara melakukannya. Untuk menerapkan cara ini anda harus meminta bantuan orang lain. Caranya anda tidak mengetahui jika teman atau kakak anda akan menaruh esbatu pada wajah anda. jadi ketika anda sedang duduk tenang tiba-tiba teman atau kakak anda mengoleskan es batu pada wajah. kenapa harus mengagetkan anda karena cara ini yang bekerja secara tiba-tiba dapat mengalihkan perhatian untuk tidak focus pada cegukan.