Tips Agar Android Selalu Dikenali Windows

237 views

perangkat-android-dikenali-windowsWalau sudah terdapat aplikasi seperti AirDroid untuk mentransfer file dari PC ke gadget dan sebaliknya, ada kalanya Anda masih melakukannya secara offline melalui kabel data USB. Satu hal yang mengganggu adalah ketika gadget Anda tidak muncul di Windows Explorer, hasilnya proses transfer data tidak dapat dilakukan. Lalu, bagaimana cara agar Android selalu dikenali Windows?

Biasanya ketika gadget dihubungkan ke PC, Windows akan mengenalinya sebagai perangkat MTP (Media Transfer Protocol) dan secara otomatis akan melakukan proses mount. Selanjutnya proses transfer file dapat dilakukan secara dua arah. Nah, ketika gadget Anda tidak dikenali oleh Windows maka tentunya hal tersebut dapat merepotkan.

Berikut adalah solusi yang dapat Anda lakukan.  Ada beberapa tips agar Android selalu dikenali Windows.

Mengecek Gadget

Jika gadget Android tidak muncul di Windows Explorer, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek mulai dari gadget itu sendiri.

  1. Akses menu Settings>Storage. Kemudian tap ikon tiga titik di sudut kanan atas lalu “USB computer connection” Anda pilih sebagai opsinya.
  2. Pada layar berikutnya, centanglah “Media device (MTP)” sebagai pilihan opsinya.
  3. Harusnya dengan mengecek pengaturan tersebut, gadget sudah dapat terbaca di Windows. Jika tidak maka Anda memiliki masalah pada driver.
  4. Anda dapat memastikan masalah dengan beralih ke Windows lalu akses Control Panel>Printers and Devices. Jika Anda melihat gadget di bawah bagian “Unspecified” maka jelas sekali jika belum terbaca dengan baik pada Windows. Untuk itu silakan lanjut ke bagian selanjutnya untuk menemukan solusinya.

Mengupdate Driver

Solusi yang perlu Anda lakukan adalah mengubah atau mengupdate driver yang Windows gunakan saat Anda menghubungkan gadget Android ke PC via USB. Untuk itu akses Control Panei>Device Manager.

  1. Cari perangkat yang memiliki bagian “ADB” di dalamnya. Klik tanda panah kecil di samping kiri nama perangkat lalu klik kanan pada perangkat dan pilih opsi “Update Driver Software…”
  2. Muncul jendela Update Driver Software, menanyakan Anda untuk mencari driver software. Pilih opsi kedua.
  3. Pada layar selanjutnya, pilihlah “Let me pick from a list of device drivers on my computer” untuk jawaban opsinya.
  4. Terakhir, pilih opsi “MTP USB Device” lalu klik Next. Dengan begitu Anda mengupdate driver agar Windows dapat membaca perangkat MTP, dalam hal ini gadget Anda.
  5. Selanjutnya Windows akan mengupdate driver dari versi yang sebelumnya. Selanjutnya gadget Android akan dikenali dan muncul di bagian Devices and Printers.

Tags: #Android #Cara #Dikenali #Tips #Windows

Leave a reply "Tips Agar Android Selalu Dikenali Windows"

Author: 
    author