Ternyata Bahasa Indonesia Menjadi Mata Kuliah Di Universitas Dunia!

613 views

Peta Indonesia

Fakta bahwa ada lebih dari 40 negara di dunia yang mempelajari bahasa Indonesia menjadi berita yang sangat membanggakan ya. Hal tersebut pastilah membuat kita sebagai orang Indonesia merasa sangat terharu. Maka dari itu sepatutnya kita bangga jika menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun ada sebagian remaja yang menganggap bahasa Indonesia tidak terlihat keren dan lebih memilih bahasa inggris atau bahasa dari negara lainnya untuk dipelajari. Terkadang juga para remaja agar terlihat keren ketika mereka berbicara mereka mencampur bahasa Indonesia mereka dengan berbahasa inggris atau berbicara bahasa Indonesia dengan pelafalan yang tidak jelas karena pengaruh bahasa asing. Padahal bahasa Indonesia sudah menjadi mata kuliah di berbagai universitas di negara-negara berikut ini:

Populer : Tempat Outbound di Puncak Bogor

  1. Korea Selatan

Korea selatan mungkin sekarang negara yang sedang digandrungi para remaja di Indonesia karena demamnya k-pop para remaja. Hal itulah yang membuta sebagian remaja ingin mempelajari bahasa Korea dengan mendatangi berbagai macam tempat kursus. Padahal di Korea Selatan sendiri bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari, seperti di Hankuk University Of Foreign Languages. Walaupun bahasa Indonesia bukan menjadi bahasa internasional namun bahasa Indonesia menjadi mata kuliah di universitas ini bahkan salah satu dosennya juga berasal dari Indonesia yaitu Tengsoe Tjahjono.

  1. Australia

Selanjutnya negara yang menganggap bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting yaitu negara kangguru, Australia. University Of Southern Queensland menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah di fakultas seni budayanya dalam sebuah program yang bernama bachelor of arts (Indonesian Language). Dalam program ini bahasa Indonesia akan dipelajari dari dasar dan tidak akan membuat mahasiswanya bingung. Bahasa Indonesia dipelajari dari kosakata, grammar hingga pelafalannya dan juga mempelajari mengenai sastranya juga maka akan sangat menyenangkan ketika dipelajari.

  1. Jepang

Negara Jepang terkenal dengan negara yang sangat mempertahankan budayanya. Maka dari itu bahasa Jepang banyak dipelajari di seluruh dunia. Namun ternyata ada sebuha Universitas yang memang khusus mempelajari bahasa asing dan  bahasa Indonesia juga dijadikan salah satu mata kuliah di Universitas ini.  Tokyo University Of Foreign Language ini menawarkan berbagai macam pilihan mata kuliah bahasa asing bagi pelajar di Jepang termasuk mata kuliah bahasa Indonesia. Hal ini benar-benar sangat mengesankan ya. Ternyata pelajar di Jepang yang ingin mempelajari baha Jepang tak sedikit lho. Namun sayangnya Universitas ini menerapkan sistem bahwa dalam setahun hanya boleh 18 mahasiswa dalam setahun yang mengambil mata kuliah bahasa Indonesia.

  1. Ukraina

Negara terakhir yang menerapkan bahasa Indonesia sebagai mata kulianya adalah Ukraina. Meski dianggap baru, mata kuliah bahasa Indonesia yang dibuka pada tahun ajaran 2012-2013 ini sudah banyak peminatnya. Hal ini juga terbukti dengan kedutaan Indonesia yang sangat mendukung program ini dengan menawarkan mahasiswa program beasiswa. Taras Shevchenko National University of Kyiv merupakan universitas yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah di Ukraina.

Leave a reply "Ternyata Bahasa Indonesia Menjadi Mata Kuliah Di Universitas Dunia!"

Author: 
    author