Tentang Tempat Wisata Gunung Merapi

269 views

gunung-merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang aktif di Indonesia. Gunung ini terletak di pulau Jawa, khususnya menjadi batas antara provinsi Jawa Tengah dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gunung berapi ini diketahui masih aktif hingga saat ini. Nyaris setiap tahun hingga 3 tahun sekali, gunung ini memuntahkan lahar dan batuan pasirnya hingga memberikan rejeki tak terhingga untuk dapat diambil oleh masyarakat sekitar. ketika sedang tidak sedang aktif, gunung ini menjadi salah satu wisata cagar alam yang diberdayakan salah satunya oleh Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri.

pasca letusan dahsyat pada 2010 silam, desa-desa yang berjarak 4 hingga 6 km dari puncak gunung Merapi kini tidak dapat dihuni lagi. sebagai gantinya, tempat-tempat tersebut kini menjadi tempat wisata gunung merapi. tempat wisata gunung merapi ini mempunyai tantangan tersendiri dan membuncahkan adrenalin Anda ketika datang ke tempat ini. berjarak sekitar kurang lebih 35 km di sebelah utara kota Yogyakarta, wisata ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk Anda menikmati keindahan lingkungan di Merapi tersebut. terdapat wisata volcano tracking yang berupa sebuah track dimana Anda akan menikmati diorama bagaimana detik-detik saat gunung Merapi tersebut meletus. Anda akan juga bisa melihat sebuah petilasan Mbah Maridjan, seorang juru kunci Gunung Merapi yang telah dipercaya oleh keluarga Keraton Yogyakarta Hadiningrat untuk menjaga gunung Merapi tersebut.

Ada banyak sekali akses untuk Anda dan keluarga maupun pasangan dapat mengunjungi tempat wisata gunung merapi ini. tentu saja, salah satunya yang paling popular adalah via Yogakarta/Sleman. Biasanya, jasa paket tour Jogja mengagendakan para pelancong yang menyewa jasanya untuk menelusuri tempat wisata ini. tujuannya jelas, agar para pelancong dapat mengerti asyiknya tempat wisata ini dan juga bisa memahami bagaimana kengerian dari Gunung Merapi itu sendiri. biasanya, harga tiket untuk sebuah wisata volcano tracking berkisar antara 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Adapun untuk mengunjungi makan mbah Maridjan, kocek yang musti dikeluarkan adalah Rp 20.000,- saja. dengan harga yang relative terjangkau, maka tempat wisata ini boleh dibilang menjadi salah satu favorit para wisatawan.