Tanda Perubahan Tubuh Ibu Hamil Muda Pada Trimester Awal

291 views

Kalau kita tanya dokter kandungan, pada ibu hamil muda akan ada beberapa perubahan tertentu khususnya di trisementer pertama. Perubahan itu, bisa terjadi pada fisik juga bisa terjadi pada psikologis. Hal ini karena tubuh mengalami perubahan dari keadaan tidak hamil menjadi hamil. Sehingga akan ada perubahan tubuh secara drastis.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil Muda

Perubahan tubuh yang terjadi pada ibu hamil muda, bisa berupa sensasi mual, muntah yang menjadi bagian yang rutin terjadi setiap hari. Rasa mudah lelah dan perubahan mood juga bakal terjadi pada ibu hamil muda. Makanya ibu hamil biasanya memiliki tingkat sensifitas yang lebih tinggi dibanding sebelum hamil. Meski demikian, tidak semua tanda tersebut terjadi pada ibu hamil muda. Mengingat, selalu ada variasi bagi tiap individu. Nah, kira – kira perubahan apa saja yang umu terjadi pada ibu hamil muda?

  1. Pendarahan

Jangan kawatir kalau ibu hamil muda mengalami pendarahan, selama masih ada di ambang batas kewajaran. Sebab 25 persen ibu hamil muda, pasti mengalami pendarahan. Terutama pada masa-masa awal trisemester pertama. Hal ini menandakan bahwa di dalam dinding rahim sedang terjadi penempelan embrio. Di masa awal, keluar darah juga bisa menjadi tanda kehamilan.

Yang perlu di waspadai kalau sudah berlebihan. Yakni bila terjadi pendarahan yang cukup banyak. disertai pula dengan rasa nyeri di bagian perut. Hal ini bisa menjadi tanda keguguran atau malah kehamilan di luar rahim.

  1. Payudara yang Membesar

Pada trisemerter pertama masa kehamilan, usia janin dalam kandungan masihlah sangat kecil. Jadi jangan berfikir bahwa yang bakal terlihat membesar adalah bagian perut. Yang bakal terlihat membesar pertama kali adalah payudara. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon yang ada dalam tubuh mencoba mempersiapkan ibu pada masa menyusui.

Maka tak mengherankan jika payudaralah yang membesar terlebih dahulu. Biasanya, pembesaran payudara ini bakal diikuti dengan rasa nyeri. Maka tak heran jika banyak perempuan hamil muda yang semakin sensitif. Maka tak salah jika ibu hamil muda disarankan agar mempersiapakan terlebih dahulu bra yang khusus untuk masa kehamilan awal. Hal ini untuk membuat payudara terasa nyaman.

  1. Keputihan

Tak hanya menjadi tanda akan datangnya menstruasi bagi sebagian wanita, keputihan juga kerap terjadi pada ibu hamil muda di usia trisemeter awal. Cairanya berwarna putih susu dan agak kental. bagi sebagian perempuan, menggunakan penty liner bisa membuat terasa lebih nyaman. Hanya saja perlu sesering mungkin di ganti jika sudah lembab. Sebab bisa menyebabkan infeksi pada organ intim.

Keputihan ini wajar selama masih dengan warna yang normal. Tapi kalau warnanya sudah tidak normal, misalnya sudah berwarna hijau atau kuning atau bahkan kehitam-hitaman. Dan juga ada bau yang tidak sedap, ada baiknya tanya dokter kandungan anda untuk kepastianya.  

  1. Mual Muntah dan Morning Sickness

Gejala yang satu ini paling populer bagi ibu hamil muda. Dan memang hampir 85 persen pasti mengalaminya. Biasanya gejala ini akan berhenti pada trisemester ke dua. Kalau mual dan muntahnya berlebihan, kamu bisa mengatasinya dengan mekan dengan porsi yang lebih kecil lalu perbanyak minum air putih dan air asam seperti juz apel. Kalau masih berlebihan, kamu bisa juga tanya dokter kandungan untuk memastikanya.

Leave a reply "Tanda Perubahan Tubuh Ibu Hamil Muda Pada Trimester Awal"

Author: 
    author