Selain Lombok, Inilah 3 Destinasi Wisata Menarik Lainnya di NTB

190 views

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang punya sejuta pesona. Namun saat bicara tempat wisata yang menarik di NTB, pulau Lombok sering jadi yang pertama di sebut. Hal ini dapat dimaklumi karena pulau yang satu ini memang punya banyak keindahan dan keunikan. Ada Taman Nasional Gunung RInjani (TNGR) yang menawan dan bersejarah, desa Sembalun yang subur, dusun Ende yang arif, Pink Beach yang cantik, dan masih banyak lagi.

Namun sayang rasanya kalau kamu hanya mengenal pulau Lombok saja. Di NTB, masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah indahnya dengan Lombok. Menariknya, tempat-tempat wisata tersebut belum medapat kunjungan wisatawan sebanyak Lombok atau pulau Bali karena pamornya belum sepopulerkedua pulau itu.

Dari sekian banyak destinasi wisata menarik yang ada di provinsi Nusa Tenggara barat, berikut tiga diantaranya:

Pulau Moyo

Pulau yang terletak di sebrang utara pulau Sumbawa ini punya pesona yang tidak kalah dengan Maldives. Soalnya, banyak tokoh dunia yang pernah berkunjung ke pulau seluas 32 ribuan hektar ini. Di antaranya ada Puteri Diana, petenis cantik Maria Sharapova, penjaga gawang legendaris Edwin Van Der Sar, sampai ikon sepak bola modern David Beckham. Bahkan, ada yang bilang kalau musisi legendaris dunia bernama David Bowie dan pentolan The Rolling Stones Mick Jagger juga pernah berkunjung ke pulau cantik ini. Ini membuktikan, kalau pesona yang dimiliki pulau moyo tak kalah dengan destinasi wisata di seluruh dunia yang sering dikunjungi tokoh-tokoh besar dunia.

Maklum saja, pulau yang dihuni sekitar 2 ribuan orang ini dikelilingi oleh pantai dan laut yang sangat indah untuk dinikmati dari permukaan maupun bawah laut. Banyak spot-spot menarik yang tersedia di pulau Moyo untuk bersantai di pantai, berenang, hingga menyelam. Ada pantai Tanjung Pasir, Ai Manis, Takat Sagele, Poto Jarum, Brang Sedo, dan masih banyak lagi.

Pulau Moyo juga punya dua air terjun yang super duper epic. Pertama ada air terjun Diwu Mbay. Air terjun yang tingginya hanya 3 meter ini adalah tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Di sekeliling air terjun ini, tumbuh pohon-pohon berusia tua yang akarnya bisa digunakan untuk bergelantungan di atas air.

Lalu, ada air terjun Mata Jitu yang juga sering dijuluki Queen Waterfall. Julukan ini tidak diberikan secara sembarangan, melainkan karena sosok Lady Diana pernah datang ke sini dan menjadikan air terjun ini sebagai tempat favoritnya.

Di pulau Moyo juga terdapat sebuah resort mewah bernama Amanwana Resort. Penginapan yang satu ini menerapkan konsep Glamping (Glamour Camping) sehingga banyak pengunjung yang menyukainya, termasuk sang istri dari Pangeran Charles, Putri Diana.

Pulau Satonda

Di pulau yang terletak di Kabupaten dompu ini terdapat fenomena alam yang sangat epic, yaitu danau air asin. Menurut para peneliti dari Eropa, danau air asin ini memiliki kadar kebasaan yang lebih tinggi daripada air laut secara umum. Mereka juga menyebutkan kalau danau air asin ini terbentuk akibat aktivitas vulkanis ribuan tahun lalu seperti danau Sagara Anak di Rinjani. Hal ini karena Satonda sendiri merupakan pulau Vulkanis yang diperkirakan tumbuh sebelum gunung Tambora.

Awalnya, letusan gunung Satonda telah membentuk sebuah kawah di tengah pulau yang kemudian berubah menjadi danau air tawar. Namun karena ada letusan lainnya yang dipercaya berasal dari letusan gunung Tambora, tsunami pun mengantam pulau ini dan membawa air laut masuk ke dalam danau. Lalu, air laut tersebut pun terjebak sehingga mengubah rasa air danau tersebut menjadi asin

Gunung Tambora

Dengan mengunjungi gunung yang terletak di pulau Sumbawa ini, kamu bisa menyaksikan sisa dari amukan besar gunung Tambora yang terjadi di tahun 1815. Waktu itu, gunung ini meletus dahsyat selama berhari-hari dengan memuntahkan 41 kilometer kubik batuan. Banyak yang percaya kalau letusah gunung Tambora pada waktu itu adalah yang terbesar yang tercatat baik dalam sejarah manusia. Bahkan, letusan gunung Krakatau di tahun 1883 sangat tidak sebanding dengan letusan Tambora.

Sangking besarnya erupsi Tambora,masyarakat Eropa sampai harus mengalami kelaparan karena terkena dampak tidak langsung dari letusan ini. Pada saat itu, ketersediaan makanan menjadi sangat sedikit.

Tapi tenang saja, kejadian mengerikan itu sudah terjadi lebih dari 200 tahun yang lalu. Sekarang, sisa amukan Tambora sudah berubah jadi kawah dengan pemandangan yang sangat epic.

Kalau sudah tahu daftar tempat wisata menarik di NTB selain Lombok, sekatang tinggal hunting tiket pesawat promo murah. Kamu bisa pilih maskapai penerbangan murah seperti Lion air supaya lebih bisa menghemat biaya perjalanan. Temukan Harga tiket pesawat  Lion Air di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran termurah.

 

Leave a reply "Selain Lombok, Inilah 3 Destinasi Wisata Menarik Lainnya di NTB"

Author: 
    author