Review Beli HP dengan Kartu Kredit Online Pakai Kredivo

25 views

Sudah pernah dengar kesaktian kartu kredit online? Saya sendiri baru kenal yang namanya kredit online setelah ramai cerita orang-orang yang terjerat pinjaman online. Pertanyaan saya, apakah sebegitu menyeramkannya kartu kredit daring yang tidak ada bentuk fisiknya itu?

Akhirnya saya mencoba mencari informasi tentang produk ini. Di layanan aplikasi seperti Google Play Store saja sudah ada puluhan aplikasi pinjaman online, salah satunya Kredivo. Saya penasaran aja sih, kenapa ada tanda editor’s choice pada aplikasi Kredivo sementara yang lain tidak ada.

Berbekal rasa penasaran itulah akhirnya saya coba juga cek juga di daftar fintech yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan. Lembaga negara inilah yang mengatur dan mengawasi kegiatan sektor jasa keuangan termasuk didalamnya lembaga pembiayaan daring yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman instan.

Kredivo terdaftar dengan nama perusahaan induknya, FinAccel. Perusahaan pemberi pinjaman digital ini sudah terdaftar secara resmi di OJK sejak 21 Maret 2018. Pemberitaan tersebut saya baca dari berita online Kontan.

Kebetulan banget anak saya butuh smartphone. Bukan smartphone mahal sih, hanya smartphone buat nonton Youtube Kids aja. Akhirnya pilihan saya jatuh ke Xiaomi Redmi 2. Smartphone murah yang dibandrol seharga Rp 600 ribuan di Shopee ini cukup mumpuni kalau cuma sekadar untuk nonton Youtube saja. RAMnya 1 GB dengan ROM 8 GB.

Daripada nunggu bonus tahunan turun, akhirnya saya mencoba untuk menggunakan layanan kartu kredit online dari Kredivo. Jadi bisa beli sekarang tapi bayarnya 30 hari kemudian tanpa bunga. Simple banget kan?

Saya coba daftar dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu saya ikuti petunjuk pendaftarannya dengan memasukkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, STNK dan Slip Gaji. Yang penting sih memenuhi syarat punya gaji minimal Rp 3 juta perbulan udah bisa daftar lewat Kredivo.

Setelah menunggu, akhirnya persetujuan dari Kredivo pun saya dapatkan lewat email esok harinya. Sebagai pemula saya cukup takjub juga bisa dapat kredit limit sampai dengan Rp 1,5 juta. Yah, lumayan banget kalau buat bayar-bayar listrik atau bayar tagihan lainnya.

Tapi, sementara ini niat saya memang mau dipergunakan untuk membeli smartphone dulu di Shopee. Sebetulnya bisa juga sih belanja di tempat lain seperti Lazada, Tokopedia, ataupun Bukalapak. Cuma anak saya pengen milih sendiri, dan dia lebih senang belanja di Shopee. Udah gitu, dia juga hafal lagu-lagu blackpink. Promosinya Shopee mantep juga nih, pikir saya.

Oh ya, sebetulnya opsi pembayaran lewat Kredivo bisa pilih metode cicilan juga. Tenornya menurut saya cukup fleksibel karena kita bisa memilih untuk dicicil 3, 6, dan 12 bulan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita sendiri. Bunga cicilannya sih lumayan juga ya 2,95%. Tapi, setelah saya bandingkan dengan Akulaku, ternyata bunganya jauh lebih rendah Kredivo. Selain itu tenor Akulaku juga terbatas hanya sampai 9 bulan saja.

Yang saya suka dari fitur Kredivo itu ada layanan beli sekarang dan bayar nanti 30 hari kemudian dengan bunga nol persen. Ya, jadi semacam pinjam duit sama orang aja tanpa bunga.

Alasan itulah saya mendaftar di Kredivo. Setelah kredit limit turun, saya bisa langsung belanja online di Shopee. Harga hp yang saya incar ternyata masih stabil. Supaya bisa memenuhi syarat minimal pembelian Rp 1 juta, akhirnya saya menambah beberapa aksesoris dan barang lain agar genap menjadi Rp 1 juta atau lebih di dalam satu keranjang yang sama.

Setelah itu tinggal mengisi data alamat pengiriman dan memilih metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit lewat Kredivo. Nah, di halaman pembayaran ini saya memilih opsi bayar 30 hari tanpa bunga. Selanjutnya tinggal melakukan verifikasi pembayaran.

Nanti ada sms berupa kode OTP yang harus segera diinput untuk mengkonfirmasi pembelian dengan menggunakan akun Kredivo. Ingat juga PIN untuk login akun Kredivo. Setelah proses pembayaran saya mendapatkan notifikasi pembelian lewat sms dan juga email. Cukup mudah dan proses transaksinya cepat.

Bagi saya Kredivo adalah kartu kredit online yang cukup simple dan tidak perlu menuhin dompet seperti kartu kredit biasa. Apalagi layanan dan penggunaannya tidak jauh berbeda dengan kartu kredit konvensional. Salah satunya adalah layanan pinjaman tunai secara online.

Jumlah pinjaman tunai yang bisa diajukan pun beragam. Mulai dari Rp 500 ribu dengan Pinjaman Mini atau Rp 1 juta lebih dengan Pinjaman Jumbo. Selama masih ada sisa kredit limitnya, pengguna bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Proses pendaftarannya pun sederhana sekali. Tidak perlu berkas-berkas yang menyulitkan. Asal punya KTP, KK, STNK, dan Slip Gaji saja sudah bisa mendaftar di Kredivo. Hanya saja layanan ini memang masih terbatas untuk wilayah Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar.

Jadi, beruntunglah mereka yang punya KTP di daerah tersebut karena bisa memanfaatkan pinjaman digital dengan proses mudah dan terpercaya seperti Kredivo.

Leave a reply "Review Beli HP dengan Kartu Kredit Online Pakai Kredivo"

Author: 
    author