Resep Membuat Omelet Sayuran

91 views


Omelet merupakan sebuah kudapan berbahan telur ayam negeri, yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Meskipun belum terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia, namun omelet bukanlah hal yang asing lagi dimata masyarakatnya. Masyarakat Indonesia sendiri menyebut omelet dengan nama Telur Dadar isi. Misalkan saja masyarakat Jawa Barat, yang memiliki omelet khas daerahnya yakni Dogmi. Dogmi merupakan singkatan dari bahasa Sunda yakni Endog Emih yang berarti Telur Mie, dimana bahan bakunya menggunkan telur ayam dan mie instant yang sudah di rebus.

Pada dasarnya, bahan isisan omelet tidak hanya terfokus pada satu bahan campuran saja. Anda pun bisa memasukan apa saja, yang sesuai dengan keinginan anda. Misalkan anda mengkolaborasikannya dengan kangkung, dimana kangkung belum pernah dijadikan sebagai bahan isian omelet. Tentu saja dengan omelet kangkung, bisa dikatakan sebagai penemuan terbaru.

Nah bagi anda yang berminat untuk membuat kudapan yang satu ini, simaklah ulasan dibawah mengenai resep cara buat omelet kangkung :

~Bahan-bahan yang harus anda siapkan~

– 1 Siung bawang merah

– 1 Ikat kangkung segar

– 2 Butir telur ayam negeri

– 100 gram daging ayam

– ¼ Sdt garam

– 1 sachet penyedap rasa

– 1 buah tomat

– Minyak goreng secukupnya

– Saus cabai secukupnya

– Saus tomat secukupnya

~Cara Membuat Omelet~

  1. Pertama-tama masukan kangkung kedalam penggorengan serta susul dengan tomat yang telah diiris, daging ayam, dan bawang merah, lalu tumis hingga matang.
  2. Setelah selesai ditumis lalu angkat dan ditiriskan diatas piring. Masukan telur, garam, dan penyedap rasa kedalam mangkuk besar, lalu aduk-aduk hinggga merata.
  3. Tuangkan kangkung yang telah ditumis tadi kedalam adonan telur, lalu aduk-aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api yang kecil, kemudian goreng selama 3 – 4 menit saja, hingga warna permukaan telurnya berwarna kecokelat-cokelatan.
  5. Setelah omelet-nya selesai digoreng, angkat dan tiriskan keatas piring yang cukup besar. Potong-potong omelet dengan bentuk segitiga.
  6. Tahap selanjutnya, siramkan saus cabai dan saus tomat sesuai dengan selera anda.
  7. Dan inilah yang kita tunggu-tunggu, yakni Omelet Kangkung siap untuk dieksekusi.

Bagaimana cukup mudah bukan? Tentu dengan sajian hangat dan enak, bisa Anda sajikan kepada keluarga tercinta. Terlebih jika dinikmati menggunakan saus. Hmm, lezat ya. Mungkin bagi anda yang merasa seorang pemula juga bisa membuat omelet kangkung, seperti pada ulasan resep dan cara diatas tersebut. Akhir kata, cukup sekian dan terimakasih.