Rahasia dan Tips Saat Wawancara Kerja

487 views

images (2)Dalam sebuah perusahaan, proses pengrekutan karyawan merupakan bagian yang penting karena disinilah bermula bagaimana sumber daya manusia yang kompeten dapat menopang sebuah perusahaan menjadi lebih maju dan sukses. Maka dari itu tidaklah heran beberapa perusahaan pun membuat proses seleksi yang cukup banyak seperti tes tertulis, tes kesehatan, dan wawancara kerja. Biasanya wawancara kerja merupakan proses yang sering dikhawatirkan karena akan terlihat bagaimana sikap dan pola pikir kita. Proses ini tak jarang membuat para pencari kerja gugup dan menyebabkan tidak maksimal dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara. Maka dari itu dibutuhkan persiapan yang maksimal. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika wawancara kerja:

  1. Perhatikan Penampilan Anda

Pastikan penampilan anda rapih dan terlihat formal. Jangan menggunakan kaos atau celana jeans. Gunakanlah kemeja dan celana bahan yang berwarna tidak terlalu mencolok seperti merah menyala. Perhatikan juga kerapian rambut anda. Dan jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan, cukup pakai jam tangan saja.

  1. Konsentrasi

Ketika pewawancara mengajukan beberapa pertanyaan maka anda jangan sampai lengah dan menyebabkan pertanyaan yang diajukan harus diulangi apalagi sampai 3 kali. Usahakan kontak mata kita tetap pada pewawancara, jangan sampai pandangan kita ke tempat-tempat lain, karena hal itu dapat dianggap tidak sopan.

  1. Perhatikan Body-Language Anda

Body-Language anda menjadi sangat penting karena akan terlihat apakah anda serius atau tidak untuk melamar kerja di perusahan tersebut. Ketika masuk ruangan usahakan untuk tersenyum dam kemudian berjabat tangan  dengan tegas dan cukup kuat. Kemudian duduklah yang tegak, jangan sampai membungkuk.

  1. Ketenangan

Anda harus tenang dan tidak gelisah. Kemudian jangan sampai bergumam, jawablah pertanyaan dengan jelas dan penuh percaya diri. Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jeda 3 detik karena akan membuat jawaban anda terlihat penuh dengan analisis. Yang paling penting adalah atur nafas anda agar terlihat tenang. Usahakan untuk bernafas dengan perut bagian bawah.

  1. Berterimakasih

Langkah terakhir untuk sukses wawancara adalah ucapkanlah terima kasih karena anda telah diundang untuk wawancara. Dengan mengucapkan terima kasih maka pewawancara akan merasa adanya penghargaan dari anda karena telah diberikan kesempatan untuk wawancara.

Demikian rahasia dan tips pada saat wawancara kerja. Hal yang paling penting adalah, lowongan yang tersedia dalam perushaan harus sesuai dengan spesifikasi anda. Bagaimanapun anda saat wawancara, tetapi jika tidak sesuai dengan kemampuan anda tentunya akan merugikan diri anda dan juga orang lain. Anda tidak akan betah dan tidak merasa nyaman dalam pekerjaan, beitupula dengan perusahaan akan merasa menyesal dan anda akan dipertimbangkan kembali untuk bergabung dengan perusahaan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan sukses selalu bagi kamu yang sedang mencari rezeki.

  1. author

    Small SEO Tools2 years ago

    Mendapatkan pekerjaan tentunya menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan setelah lulus kuliah. Dengan demikian, tentunya menjalani tes wawancara saat bekerja harus dilakukan dengan serius

    Reply

Leave a reply "Rahasia dan Tips Saat Wawancara Kerja"

Author: 
    author