Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

407 views

mata-minus-dan-melahirkan-normal

Selama masa kehamilan, ibu hamil haruslah memperhatikan keseluruhan kesehatan dirinya maupun bayi dalam kandungannya. Selain rajin memeriksakan diri ke dokter kandungan, makanan sehat untuk ibu hamil juga harus terpenuhi. salah satunya dengan memperhatikan setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kemudian nutrisi tersebut harus ada dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Bukan hanya untuk kepentingan ibu hamil, janin dalam kandungan juga akan terpenuhi gizinya.

Jika gizi ini tidak terpenuhi dalam setiap makanan maka akan berakibat sangat fatal. Dampaknya bukan hanya untuk si ibu, bayi dalam kandungan juga bisa mengalami berbagai bahaya. Seperti bayi lahir dalam keadaan cacat atau pun bayi lahir prematur. Dampak bagi ibu hamil sendiri bisa berupa terserang penyakit, anemia, mudah jatuh sakit dan sebagainya. Untuk itu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya adalah kewajiban bagi ibu hamil. Makanan tersebut juga haruslah mengandung hal yang positif bagi bayi dan juga sang ibu.

Apa Saja Makanan Sehat Tersebut ?

Makanan sehat tersebut haruslah terdapat banyak sumber gizi yang menyehatkan seperti zat besi, asam folat, kalsium dan juga berbagai vitamin. Jika makanan yang tidak mengandung gizi seperti yang disebutkan, maka jangan dikonsumsi. Seperti makanan  instan, atau dengna bahan pengawet. Semua jenis makanan cepat saji atau junkfood tak akan ada manfaatnya bagi ibu hamil atau janin. Maka, anda disarankan memakan makanan yang begizi berikut ini.

1. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan ibu hamil sebagai sumber energi yang baik. Hal ini dikarenakan ibu hamil akan membutuhkan energi lebih karena beban di dalam perutnya. Sumber energi karbohidrat yang baik adalah beras merah, roti gandum, dan  sereal seperti oatmeal. Sumber karbohidrat yang disebutkan, akan membantu ibu hamil dengan optimal. Kandungan vitamin E di dalamnya akan bekerja maksimal pada ibu hamil.

2. Ikan, Telur Dan Daging

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya ini juga sangat bagus dikonsumsi. Ikan selain mengandung protein baik untuk ibu hamil, juga akan membantu pertumbuhan janin. Ikan yang bagus dikonsumsi adalah salmon, karena terdapat kandungan omega 3. Kemudian telur juga jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil. Kandungan kolin di dalamnya, akan membuat perkembangan otak bayi optimal. Selain itu juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Selanjutnya daging, kandungan protein tinggi di dalamnya akan bermanfaat bagi sang ibu dan bayi.

3. Buah-buahan Dan Sayuran

Vitamin K, A dan juga C harus dikonsumsi ibu hamil setiap harinya. Semua jenis vitamin tersebut terdapat pada buah dan sayuran. Buah yang dikonsumsi ibu hamil mengandung beragam vitamin, dan serat bergizi. Dengan begitu ibu hamil tak akan mengalami kekurangan vitamin, yang akan menyebabkan kelahiran bayi prematur. Kemudian sayuran hijau juga akan membuat janin di dalam kandungan berkembang dengan baik. Seperti bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya akan bagus untuk bayi anda.

4. Susu Dan Air Mineral

selain makanan bergizi, ibu hamil juga harus terpenuhi konsumsi air mineralnya. Dengan mengonsumsi air mineral secacar rutin, minimal 8 gelas perhari akan mencegah hal yang tak diinginkan. Misalnya kemungkinan bayi lahir prematur, dan juga infeksi kandung kemih. Kemudian konsumsi susu haruslah terpenuhi, agar perkembangan tulang janin tumbuh dengna baik. Ibu hamil pun akan terhindar dari osteoporosis, karena mengonsumsi susu secara rutin. Ibu hamil bisa mengonsumsi susu setiap pagi atau pun sebelum tidur. Jika selama masa kehamilan tak suka susu, produk olahan susu juga termasuk makanan sehat untuk ibu hamil.  Hal ini karena biasanya ibu hamil mengalami gangguan mual hingga muntah, yang menyebabkan enggan mengonsumsi susu.