Permainan Mengasah Otak Anak

212 views

Memiliki seorang anak, tentu adalah salah satu kebahagiaan bagi orang tua. Oleh karena itu, sebagai ayah dan ibu, tentu kita ingin memberikan berbagai hal yang terbaik bagi sang buah hati. Dengan demikian, kita harus menadjikan tumbuh kembang anak secara baik dan optimal. Agar anak bisa menjadi sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan terlebih lagi untuk otak karena otak merupakan pusat pikiran manusia. Seorang anak dapat tumbuh dengan pintar dan cerdas apabila orang tuanya dapat mengasuhnya dengan baik. Ada banyak permainan mengasah otak anak yang dapat membantu si anak dalam mengembangkan pikirannya. Selain itu, beberapa kegiatan dan permainan seperti di bawah ini juga dapat membantu tumbuh kembang otak sang anak :

  1. Menggambar dan mewarnai. Anak-anak dapat mengenal warna-warna dan juga objek-objek benda di sekeliling mereka apabila mereka diajak untuk menggambar serta mewarnai. Di usia yang masih dini mereka sudah bisa memahami cara memutar otak mereka dalam menciptakan suatu karya yang baik dan kreatif.
  2. Menceritakan suatu kisah. Hal yang paling sering dilakukan oleh orang tua kepada anak sebelum tidur. Menceritakan kisah-kisah teladan dan bermoral dapat mengajarkan si anak untuk lebih berbuat baik.
  3. Permainan detektif. Permainan sederhana yang mengharuskan si anak untuk mencari benda yang disembunyikan oleh orang tuanya. Anak akan belajar untuk mencari dan lebih mengenali benda yang mereka lihat.
  4. Permainan memasak sederhana. Mengajak memasak bersama anak dapat menjadi suatu permainan yang sangat disukai oleh mereka. Anak juga bisa belajar bagaimana cara membuat kue yang mereka suka.
  5. Bermain puzzle. Berikanlah mereka lebih banyak puzzle dengan gambar-gambar menarik untuk membantu mereka melatih otaknya dalam menyusun potongan demi potongan gambar. Serta melatih daya ingat si anak tersebut.
  6. Kartu bergambar. Permainan kartu-kartu bergambar ini adalah permainan di mana orang tua mengenalkan objek-objek dalam bentuk gambar yang menarik dan si anak juga bisa belajar mengenali benda-benda tersebut dengan cepat.
  7. Bermain dengan boneka jari. Boneka-boneka jari dapat merangsang daya imajinasi anak untuk membuat cerita yang bagus dari boneka-boneka tersebut serta melatih kekreatifan mereka.

Itulah kegiatan-kegiatan dan permainan yang dapat anda lakukan bersama si kecil. Sering-seringlah ajak sang anak untuk bermain agar mereka dapat meningkatkan daya otak mereka agar menjadi lebih pintar. 

Sumber : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/permainan-mengasah-otak

Leave a reply "Permainan Mengasah Otak Anak"

Author: 
    author