Pantai Koka , Pantai Cantik yang Menggoda Di Batas Maumere

242 views

pantai-koka-maumere-floresMenikmati keindahan Kabupaten Sikka, tak cukup rasanya bila hanya memanjakan diri di sepanjang Teluk Maumere. Beberapa destinasi lain temyata mampu membawa decak kagum kita akan alam Kabupaten Sikka. Bila Anda masih mencari ketenangan untuk berlibur, putarlah arah perjalanan ke selatan Kabupaten Sikka. Hanya butuh 1,5 jam dari Maumere untuk tiba di Pantai Koka, Kecamatan Paga.

Perjalanan dari Maumere ke Pantai Koka nyaris mirip dengan rute Ciamis-Pangandaran. Jalanan berliku dengan lebar jalan tak begitu luas untuk kendaraan roda empat membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Apalagi penerangan jalan di sepanjang jalur tersebut sangat minim. Meskipun demikian, pengemudi lokal bisa melajukan kendaraan hingga 100 km per jam. Itu karena jarangnya kendaraan yang melintas di jalur provinsi yang menghubungkan Kabupaten Sikka dengan Kabupaten Ende.

Setibanya di Desa Koka, Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 2 km menuju bibir pantai. Bagi yang pertama mengunjungi Pantai Koka, wisatawan akan bertanya-tanya mengenai posisi pantai sebab sepanjang perjalanan menuju bibir pantai, yang ditemukan adalah pohon cokelat. Seolah-olah kita masuk ke hutan belantara. Namun, setelah daun-daun pohon yang menjalar kian menutupi jalan terlewati, kita bisa menyaksikan panorama Pantai Koka.

Kita bisa menyaksikan tebing-tebing tinggi nan curam yang berada antara laut dan pantai. Di arah tirnur laut, tampak bukit-bukit yang tinggi dan tandus. Meskipun bukit tersebut kering, suasana tandus pun bisa menampilkan keindahan yang menawan.

Desiran ombak di Pantai Koka mulai terdengar. Meskipun berada di wilayah selatan Pulau Flores, suasana ombak Pantai Koka tidak menggelegar seperti halnya ombak di sepanjang. selatan Pulau Jawa. Riak ombak beriringan dengan desiran angin yang berbisik ke telinga.

Tak salah bila Anda memilih Pantai Koka sebagai tempat untuk meditasi (yoga). Sangat jarang menemukan pantai yang masih natural. Biasanya, setelah pantai ramai pengunjung akan ada geliat bisnis. Sehingga ‘wibawa’ dan kemurnian pantai akan berkurang seiring pertumbuhan pembangunan. Sementara itu di Pantai Koka suasana masih hening dan asri.

Pemkab Sikka memang baru mewacanakan pembangunan di kawasan Pantai Koka. Program pembangunan destinasi wisata bertujuan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan domesrik dan asing. Untuk membangun destinasi pariwisata diperlukan infrastruktur yang memadai, termasuk berdirinya hotel dan restoran.

Meskipun berkeinginan kuat untuk membangun sarana wisata, Pemkab Sikka belum bisa memastikan kapan proyek besar itu akan dilakukan. Akan tetapi mempertahankan kemurnian Pantai Koka adalah hal yang paling berharga dari segalanya. Pembangunan acapkali melunturkan kemurnian alam dari aslinya.

Tags: #Maumere #Pantai Cantik #Pantai Koka #Sikka

Leave a reply "Pantai Koka , Pantai Cantik yang Menggoda Di Batas Maumere"

Author: 
    author