Mobil Bekas untuk Mobil Pertamamu, Why Not?

587 views

Mobil Alhamdulillah

Memilih mobil pertama memang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak gambaran mengenai mobil impian yang datang ke kepala, belum lagi saran yang diberikan oleh banyak keluarga dan kerabat tercinta. Ada yang mengatakan mobil baru dengan merk ini lebih baik karena memiliki fitur yang sangat pas untuk digunakan pada kegiatan Anda sehari-hari. Di sisi lain ada yang menyarankan mobil bekas pakai pun bisa dimanfaatkan maksimal asalkan tahu bagaimana tata cara memilih yang tepat.

Untuk memiliki sebuah mobil tentu bukan hanya dilihat dari fisiknya saja, namun juga performa mesin, kisaran harga, biaya perawatan, konsumsi bahan bakar dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang perlu dijadikan pertimbangan. Sebagian orang akan menyarankanmu untuk membeli mobil baru karena lebih aman dari resiko-resiko kerusakan, bilapun terjadi Anda dapat melakukan klaim ke asuransi kendaraan yang biasanya sudah jadi satu paket dengan pembelian mobil baru. Namun sebagian orang akan menyarankanmu untuk membeli mobil bekas karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Untuk lebih meyakinkan dirimu lagi, cobalah ikuti tiga hal di bawah ini sebagai pertimbanganmu.

  1. Bujet Pembelian Mobil

Sebelum memilih jenis mobil yang diinginkan, hitunglah jumlah bujet yang Anda miliki untuk membeli mobili pertama. Apabila bujet yang dimiliki bisa dibilang cukup untuk membeli mobil baru secara tunai maka pilihlah mobil yang sesuai kebutuhan dengan kisaran harga sesuai dengan bujet yang dimiliki. Bahkan kamu biasanya dapat menekan harga beli mobil baru dengan mendapatkan berbagai penawaran dari dealer seperti potongan harga dan bonus aksesoris mobil. Tapi jangan berkecil hati bagi Anda yang tidak memiliki cukup bujet untuk membeli mobil baru, Anda dapat menyiasatinya dengan membeli mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan kini banyak lembaga pembiayaan yang memfasilitasi kredit mobil bekas untuk Anda yang memiliki bujet pas-pasan.

  1. Harga Jual Kembali

Mobil merupakan aset berjalan yang tidak bisa dikategorikan sebagai aset investasi. Sebab normalnya harga jual kembali mobil bisa mengalami penurunan yang drastis karena selalu digunakan untuk kebutuhan konsumsi. Dengan membeli mobil dengan tipe terbaru, mungkin akan menambah tinggi gengsi Anda. Namun berhati-hatilah sebab pada tahun-tahun pertama, harga mobil barumu dapat mengalami penurunan yang drastis. Apabila dibandingkan, penurunan harga lebih tinggi akan dialami mobil-mobil baru ketimbang mobil bekas. Jadi, tak ada salahnya kan memilih mobil bekas untuk menjadi mobil pertamamu?

  1. Biaya Perawatan

Perawatan mobil baru tentunya akan lebih mudah dan praktis. Sebab biasanya pembeli akan diberikan layanan perawatan gratis hingga kilometer tertentu yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Selain itu, mobil baru memiliki keunggulan suku cadang yang serba baru sehingga tak perlu khawatir untuk mengalami kerusakan dalam waktu dekat. Tidak demikian dengan mobil bekas, pada beberapa kasus, memang mobil bekas akan seringkali membutuhkan penggantian mesin ataupun suku cadang. Namun ternyata tak semua mobil bekas membutuhkan hal itu, sebab masih banyak mobil bekas yang memiliki performa mesin baik. Biasanya mobil baru yang dijual oleh pemiliknya karena membutuhkan uang, dengan kondisi mobil seperti ini Anda tak perlu khawatir soal biaya perawatan sebab biasanya garansi suku cadang dapat berlaku mulai dari 3 hingga 5 tahun lamanya.

Nah, dengan ketiga pertimbangan di atas Anda akan mengetahui mobil apakah yang cocok dibeli untuk mobil pertama Anda. Jika memiliki bujet untuk membeli mobil baru, silakan. Kalau bujet hanya mencukupi untuk membeli mobil bekas secara kreditpun tak akan menjadi masalah yang besar. Pilihan jatuh di tangan Anda!

Tags: #Mobil Alhamdulillah #Mobil Bekas #Mobil Ngelel

Leave a reply "Mobil Bekas untuk Mobil Pertamamu, Why Not?"

Author: 
    author