Mengenal Mata Minus Pada Ibu Hamil dan Risiko Melahirkan Normal

333 views

mata-minus-dan-melahirkan-normalAda anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa ibu hamil yang memiliki kelainan mata minus, tidak dapat melahirkan secara normal, melainkan harus melalui operasi caesar. Benarkah demikian?

Ibu hamil dengan mata minus masih memiliki kemungkinan untuk melahirkan normal. Namun, ada pembatasan sebagai upeya berjaga-jaga, yaitu, ibu dengan minus mata di atas 6, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis mata.

Baca juga : Kenali Anak Anda Melalui Tulisan Tangannya

Dikhawatirkan memang ada masalah pada retinanya, misalnya, retina longgar atau lepas. Jika memang demikian, persalinan normal tidak bisa dilakukan karena berbahaya bagi ibu. Ibu dengan minus mata yang tinggi, berisiko tinggi saat persalinan normal, terutama saat mengejan. Hal itu bisa menyebabkan terganggunya saraf mata dan bisa menyebabkan gangguan penglihatan bagi ibu.

Yang paling parah, bisa menyebabkan kebutaan, baik parsial atau total. Kebutaan parsial itu bisa membuat ibu sulit mengenali bentuk benda dan lainnya. Padahal, kita semua ingin dalam proses persalinan itu, baik ibu maupun bayi sama-sama sehat dan selamat.

Oleh karena itu disarankan agar ibu dengan minus mata di atas 6 segera berkonsultasi kepada dokter spesialis mata. Jika setelah diperiksa dan didiagnosis tidak ada rnasalah yang membahayakan pada retinanya, maka sang ibu bisa melahirkan secara alami.

Baca juga : Cara Mencegah dan Mengatasi Obesitas Pada Anak

Meskipun begitu, ibu dengan minus mata di bawah 6 pun akan dilihat terlebih dahulu kondisinya. Ibu dengan minus mata di bawah 6 yang memiliki gangguan kesehatan lain, sebaiknya menghubungi dokter spesialis mata untuk meminta rekomendasi. Beberapa kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan, antara lain hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes melitus, hingga obesitas.

Terganggunya organ penglihatan ibu selama hamil bisa saja terjadi. Saat kehamilan, berbagai hormon mengalami perubahan yang memberi dampak pada seluruh tubuh wanita, termasuk bagian mata. Pada umumnya, gangguan mata yang terjadi berupa retina eksudatif detasemen regmatogen dan ablasio retina atau lepas retina. Gangguan itu dapat terjadi karena peradangan yang hebat, trauma tabrakan, tumor, diabetes dan pre-eklamsia (darah tinggi). Akan tetapi, sebagian besar terjadi akibat adanya satu atau lebih robekan yang membentuk lubang-lubang pada retina.

Tags: #Ibu Hamil #Mata Minus #Melahirkan Normal

Leave a reply "Mengenal Mata Minus Pada Ibu Hamil dan Risiko Melahirkan Normal"

Author: 
    author