Membeli Rumah Murah Tapi Tidak Murahan

204 views

Hotel santika bandung

Membeli rumah itu seperti memilih pasangan hidup. Kita tidak bisa terburu-buru dan tergesa-gesa ketika mencari rumah yang kita inginkan. Jangan asal beli saja jika ada iklan perumahan murah di media. Banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli sebuah rumah. Karena rumah bukan sekadar tempat berlindung dari panas dan hujan. Rumah adalah tempat kita membangun sebuah keluarga dan menghabiskan sisa hidup kita di sana.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan banyak orang saat membeli rumah adalah harga. Siapa yang tidak ingin membeli rumah yang dijual murah? Apalagi jika lokasi dan bentuknya sesuai dengan yang kita inginkan. Tetapi mencari sebuah rumah murah dengan spesifikasi khusus tidaklah mudah, bagaimanapun ada harga ada rupa. Para penjual juga ingin rumah yang dijual laku dengan harga yang sesuai dengan kondisinya.

Lalu, mungkinkah memiliki rumah idaman dengan harga yang masuk akal dan terjangkau? Mungkin saja, selama standar rumah idaman kita pun masih masuk akal dan sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Apalagi zaman sekarang kita bisa membeli rumah dengan sistem kredit. Pilihan KPR (Kredit Perumahan Rakyat) di bank-bank Indonesia saat ini juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kita.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan rumah murah tetapi tidak murahan. Murahan di sini maksudnya, rumah tersebut memiliki lokasi dan spesifikasi yang tepat dan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Berikut adalah tiga cara mencari dan membeli rumah murah,

  1. Membeli rumah sitaan bank

Rumah hasil sitaan bank bisanya dijual karena nasabah yang menjadikan rumah tersebut jaminan tidak mampu melunasi utangnya. Karena bank sangat membutuhkan dana untuk menyeimbangkan perputaran uang, bank tersebut biasanya melelang dan menjual hasil sitaan mereka dengan harga yang murah.

Meskipun murah, sebelum membeli rumah hasil sitaan kita harus jeli dan melakukan survei terlebih dahulu. Carilah informasi di bank-bank terdekat atau situs balai lelang tentang rumah atau properti yang akan mereka jual. Pastikan lokasi, lingkungan, dan spesifikasi rumah tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

Saat proses lelang, siapkan dana sekitar 20%-50% dari harga lelang sebagai uang muka. Pilihlah rumah yang harganya sesuai dengan anggaran dan kemampuan. Berikan penawaran terbaik agar Anda mendapatkan rumah impian dengan harga yang murah.

Setelah mendapatkan rumah impian Anda, segera urus surat-surat dan dokumen kepemilikan. Hal ini harus kita lakukan dengan cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena biasanya, rumah lelang memiliki masalah administrasi yang pelik.

  1. Membeli rumah di pinggiran Kota

Salah satu cara agar kita bisa membeli rumah murah adalah dengan mencari perumahan atau rumah yang lokasinya di pinggir kota. Pinggiran kota biasanya tidak terlalu strategis. Lokasi yang kurang strategis dan jauh dari berbagai fasilitas umum selalu menjadi alasan sebuah rumah dijual murah.

Meskipun berada di pinggir kota, bukan berarti daerah tersebut terpencil. Selama ada akses jalan dan transportasi menuju lokasi rumah, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah tersebut. Apalagi jika keamanan, lingkungan dan spesifikasi rumah sesuai dengan harapan kita.

  1. Membeli rumah tua

Rumah tua di sini adalah rumah yang sudah lama tidak digunakan atau dipakai. Bukan rumah kuno apalagi rumah yang termasuk cagar budaya dari masa kolonial. Biasanya rumah tua dijual murah karena beberapa bagian atau sebagian besar dari rumah tersebut rusak dan perlu diperbaiki.

Meskipun rusak, selama bagian-bagian tersebut dapat diperbaiki, tidak ada salahnya jika kita mempertimbangkan untuk membeli sebuah rumah tua. Pastikan harga rumah tersebut sesuai dengan kondisinya, kita juga harus mengalkulasi biaya yang harus kita keluarkan untuk renovasi.

Jika setelah dihitung harga beli dan biaya renovasi sesuai dengan anggaran yang kita siapkan, jangan ragu untuk membeli rumah tersebut dan membuatnya menjadi rumah impian Anda.

  1. Membeli rumah yang pemiliknya membutuhkan uang cepat

Poin terakhir ini soal rezeki. Tidak setiap hari ada orang yang rela menjual rumahnya dengan harga murah agar bisa mendapatkan uang dengan cepat. Tetapi jika hal tersebut terjadi, jangan ragu untuk membeli rumah tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan membeli.

Pertama, pastikan surat-surat rumah ada dan bersertifikat hak milik orang yang menjual, bukan milik keluarga atau orang lain untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kedua, tanyakan alasannya kenapa rumah dijual murah kepada penjual. Ketiga, pastikan harga rumah sesuai dengan kondisi dan spesifikasi rumah.

Mencari rumah yang dijual murah memang tidak bisa sembarangan, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Agar selain murah, rumah tersebut juga nyaman untuk kita tinggali. Murah bukan berarti murahan, jika kita mau sedikit jeli dan bekerja keras saat mencari rumah yang dijual murah. Bukan tidak mungkin, selain mendapatkan rumah murah kita juga mendapatkan rumah impian.

Leave a reply "Membeli Rumah Murah Tapi Tidak Murahan"

Author: 
    author