Memanfaatkan Forum Konsultasi Kesehatan Anak Untuk Ketahui Gelaja Alergi Susu

dokter-anaks

Ada banyak forum konsultasi kesehatan anak di negeri ini. Dan semuanya bisa kamu manfaatkan untuk menunjang kesehatan anak kamu. Sepertinya, tingkat perhatian pemerintah pada kesehatan masyarakat terus meningkat. Di samping pula, para ahli kesehatan juga semakin banyak yang memiliki loyalitas dan dedikasi untuk mengabdi pada kesehatan masyarakat.

Maka lahirlah banyak forum kesehatan anak yang memberikan pelayanan konsultasi kesehatan secara gratis. Termasuk juga untuk kebutuhan anak. Dan masalah yang dibicarakan dalam forum atau grup-grup tersebut juga variatif. Termasuk juga masalah alergi susu pada anak.

Well, anak memang memiliki kemungkinan besar mengalami alergi susu formula. Sebab penerimaan susu formula bagi tubuh anak berbeda-beda. Dan terkadang ada yang tidak bisa diterima oleh tubuh. Alergi adalah hal wajar saja. selama kita segera memberikan penanganan yang tepat. Penanganan yang tepat haruslah diberikan saat gelaja itu baru muncul.

Jenis-jenis Alergi Susu Formula Bagi Anak dan Gejalanya

Sejak munculnya iklan di televisi yang menyatakan bahwa seorang anak mengalami alergi susu formula dari susu sapi dan menawarkan penggantinya berupa susu formula dari kedelai, popularitas susu kedelai menjadi meningkat. Tetapi kenyataanya, kebanyakan anak yang alergi susu sapi juga alergi susu kedelai. Malah banyak pada ahli yang menyarankan untuk tidak memberikan susu kedelai. Lalu apa saja sebenarnya jenis alergi susu formula yang dapat terjadi pada anak dan apa gejalanya?

  1. Gejala Alergi Susu

Perlu dipahami, bahwa alergi susu itu adalah kasus alergi makanan paling populer yang terjadi pada anak-anak. Jadi kalau anak kamu mengalami alergi susu, tak usah panik. Itu biasa saja terjadi. Nah, alergi ini tidak hanya pada susu sapi semata, tapi dapat pula terjadi pada susu kambing, domba, kerbau hingga susu kedelai juga dapat menimbulkan alergi.

Untungnya, deteksi dini terjadinya alergi bisa langsung ketahuan beberapa menit setelah anak mengkonsumsi susu formula. Meski dalam beberapa kasus juga bisa terjadi dalam waktu beberapa jam. Konsultasi kesehatan anak bisa menjawab pertanyaan kamui jika kamu merasa anak mengalami alergi.

Yang pasti, gejala alergi susu pada anak bisa ringan dan juga parah. Bisa hanya terlihat malas, bintik merah atau bahkan sampai muntah-muntah. Pada beberapa kasus alergi susu bisa saja sampai mengakibatkan anaphylaxis atau reaksi yang mengancam jiwa.

  1. Gejala Alergi Susu pada Anak

Sudah disebutkan bahwa gejala bisa ringan hingga berat, tiap anak berbeda-beda. Waktu reaksi alerginya juga berbeda-beda. Ada yang cepat dan ada yang lama. Nah, untuk waktu yang relatif cepat, reaksi yang muncul adalah:

 

  • Munculnya bintik merah disertai dengan rasa gatal pada kulit
  • Anak mengalami napas sesak
  • Bisa saja anak sampai muntah

 

Sementara tanda atau gejala yang muncul relatif lama adalah:

  • Kotoran encer, bisa juga sampai mengandung darah
  • Anak mengalami Diare
  • Kram pada perut
  • Bisa saja, tiba-tiba anak batuk atau sesak napas
  • Mengalami hidung berair
  • Tidak menangis, tapi mata berair
  • Yang paling jelas adalah ruam kulit di sekitar mulut
  • Colic, pada bayi

Pada beberapa kasus, selain alergi susu formula anak juga bisa mengalami milk intolerance atau ketidakmampuan anak untuk mencerna susu. Ini berbeda dengan alergi susu. Pada milk intolerance anak mengalami semua alergi pada produk susu, termasuk juga olahanya. Tidak hanya sebatas susu formula. Tanda dan gejalanya seperti perut kembung dan diare, tentu ini beda dengan alergi susu formula saja. Jika kamu ingin memahami lebih lanjut, silakan konsultasi kesehatan anak kamu dengan ahlinya. Manfaatkan forum-forum kesehatan yang ada. Semoga bisa menjawab semua pertanyaan kamu ya para ibu.

Leave a reply "Memanfaatkan Forum Konsultasi Kesehatan Anak Untuk Ketahui Gelaja Alergi Susu"

Author: 
    author