Manfaat Cerita Dongeng Untuk Anak

349 views

baca-cerita-anak

Mencari berbagai cerita untuk anak, tentu adalah salah satu tugas orang tua untuk memberikan berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh buah hati. Dengan banyak sekali cerita anak yang bisa kita cari, tentu juga memiliki berbagai manfaat. Baik itu dampak positif, adapula yang tidak layak untuk didengarkan oleh buah hati kita.

Hal tersebut tentu menjadi permasalahan yang serius untuk dipertimbangkan setiap orang tua, untuk memberikan pengetahuan yang terdapat dalam cerita. Kendati demikian, adapula yang menganggap sebuah cerita adalah hal yang sepele. Pasalnya orang tua tersebut belum mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah cerita.

Meningkatkan Daya Pikir Anak

Salah satu manfaat memberikan cerita anak sebelum tidur adalah meningkatkan daya pikir sang buah hati. Pasalnya anak yang berusaha memahami sebuah cerita, menjadikan otak anak untuk belajar memahami cerita yang diberikan kepadanya.

Selain itu juga, dalam berbagai cerita anak biasanya memiliki berbagai kejadian yang bisa menciptakan anak untuk mengikuti sang tokoh. Segala permasalahan yang ada dalam cerita tersebut, bisa anak tiru untuk dalam kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu tentu menjadi sangat penting ketika seorang ibu memberikan cerita kepada anaknya, untuk menceritakan berbagai kisah hidup yang positif serta memiliki berbagai nilai adat istiadat dalam kehidupan sosial yang benar. Dengan demikian, tentu anak akan belajar baik dalam kehidupan sosial, pendidikan, pertemanan, keluarga dan lain sebagainya sesuai dengan cerita yang disampaikan.

Mengajarkan Anak Memecahkan Suatu Masalah

Dalam sebuah cerita dongeng anak tentu terdapat berbagai konflik yang biasanya terdapat dalam sebuah kisah. Segala permasalahan yang ada tentu menjadi salah satu cara lain untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah yang akan ditemukan oleh anak dalam kehidupannya.

Berbagai permasalahan yang ada dalam cerita, biasanya menyangkut soal kehidupan. Misalnya seperti permasalahan ekonomi. Dalam cerita mengenaik permasalahan ekonomi, biasanya diceritakan seorang anak yang memiliki keluarga kurang beruntung, kemudian dikarenakan anak tersebut menjadi seorang pekerja keras, akhirnya mampu menjadi seseorang yang memiliki ekonomi lebih baik. Selain cerita ekonomi, Anda juga bisa menceritakan mengenai kehidupan boros yang dapat menjadikan seseorang miskin.

Menstimulus Anak Untuk Belajar Berbicara

Anak yang terbiasa mendengarkan berbagai cerita, berdasarkan penelitian ternyata dapat menstimulis anak untuk berani bertanya, dan mengemukakan idenya. Hal tersebut dikarenakan, pada umumnya rasa ingin tau anak, akan muncul dalam cerita yang akan diberikan.

Dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika mendengarkan cerita, tentu orang tua secara tidak langsung kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan sang ibu agar tidak jenuh ketika berada dirumah. Selain itu, cerita juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghangatkan suasana di rumah agar lebih dekat dengan anak, sembari meminum teh sariwangi saat bercerita.