Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

43 views

Taukah Anda bahwa makanan yang dikonsumsi pada masa penyembuhan luka dapat menentukan waktu penyembuhan luka. Ada beberapa bahan pangan dan sejenisnya yang justru dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut. Apa sajakah itu?

  1. Labu

Pada umumnya labu seringkali dimanfaatkan untuk pengganti nasi, terutama bagi penderita penyakit maag. Labu memiliki kandungan magnesium dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut tentunya dapat membantu menyembuhkan luka serta mempercepat tumbuhnya sel kulit yang baru. Dengan demikian jaringan kulit akan mengalami perbaikan dengan cepat.

  1. Makanan Seafood

Hampir sebagian seafood memiliki kandungan zinc dalam jumlah yang banyak. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka agar lebih cepat. Zinc akan bertugas untuk memaksimalkan kinerja sistem imun dan enzim sebagai pendukung pertumbuhan sel otot. Namun, Anda bisa juga menggunakan salep untuk luka seperti yang terdapat pada link https://www.goapotik.com/produk/hemolok-1-botol-100-ml.

  1. Telur

Telur yang akan terkenal dengan kandungan protein yang tinggi juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Namun perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsinya tidak boleh terlalu banyak. Protein dalam telur akan membantu dalam melawan bakteri yang ada pada saat penyembuhan berlangsung.

  1. Buah Lemon

Buah yang satu ini memang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu untuk merawat kulit dari dalam tubuh. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuat jus perasan air lemon. Apabila terlalu asam, Anda dapat menambahkan madu ataupun gula. Agar hasilnya maksimal, minumlah perasan buah lemon setidaknya 2x dalam sehari.

  1. Susu

Sebagian besar jenis susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi, namun beberapa diantaranya dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan luka. Contohnya disini adalah jenis susu kedelai, susu sapi hingga susu almond. Rutinlah mengkonsumsi susu dengan dibuat variasi seperti untuk campuran makan sereal dan lain sebagainya agar tidak terlalu bosan.

  1. Daging Merah

Dalam proses penyembuhan luka, dibutuhkan kreatinin agar proses pertumbuhan sel otot menjadi lebih baik. Anda tidak bisa mengandalkan cadangan kreatinin dalam tubuh, karena sewaktu-waktu mencapai limitnya. Menurut blog kesehatan, mengkonsumsi daging merah yang memiliki kandungan kreatinin yang tinggi juga dapat membantu proses penyembuhan luka.

Leave a reply "Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka"

Author: 
    author