Makanan dan Tempat Jajanan Asli Khas Bandung

563 views

imagesTeropongumsu.com –┬áBandung adalah salah satu tempat wisata terbesar di Jawa Barat. Keindahan alam dan juga pemandangan di bandung sungguh sangat memberikan suasana yang sangat mengaggumkan. Bukan hanya dari segi pemandangan, namun dari sisi fashion pun bandung menjadi salah satu kota yang menarik perhatian. Kota bandung, selalu menjadi kota rujukan wisata di Indonesia selain Bali. Selain itu juga makanan di kota bandung, sangat berfariatif. Berikut beberapa makanan khas kota bandung yang ingin teropongumsu.com ulas.

  1. Peyeum

Peyeum adalah makanan yang berbahan baku dari singkong yang memiliki citra rasa yang unik. Bila kita biasa memakan keripik singkong, kita akan merasa berbeda ketika makan singkong yang di fermentasi ini.

Bentuk dari peyeum ini, terlihat utuh dari bentukan singkong namun memiliki tekstur yang basah. Anda bisa menjumpainya di beberapa tempat penjualan oleh-oleh saja untuk saat ini. Makanan unik ini sudah sulit di temui di penjual kaki lima ataupun penjual keliling.

  1. Colenak

Jika anda sudah mencoba yang namanya peyeum bandung, kurang rasanya jika belum pernah mencoba makanan khas bandung yang satu ini. Namanya colenak, singkatan dari di cocol (colek) enak.

Makanan yang satu ini, benar benar susah untuk ditemukan, anda harus bersabar mencari dan berkelana mencari colenak. Namun jika penemuan tersebut berhasil, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa nikmatnya. Pasalnya colenak dibuat dari olahan peyeum yang dioleh menggunakan saus dari parutan kelapa dan gula merah

  1. Surabi

Makanan yang satu ini, kembali naik daun setelah hadirnya film preman pensiun. Surabi adalah makanan khas yang cukup mudah di temui pada pagi hari atau sore hari. Surabi terbuat dari bahan baku kelapa. Makanan ini ada yang menggunakan saus dari gula merah atau yang biasa di sebut surabi kinca, atau bisa menggunakan toping oncom, bahkan sekarang semakin bervarian dengan toping yang lebih banyak. Makanan ini disebut-sebut makanan yang paling menyunda (Sunda) di tanah air.

  1. Cireng

Cireng atau aci di goreng, adalah makanan khas yang paling banyak digemari. Penjual cireng ini, banyak ditemui ditempat penjual gorengan. Cireng yang berbahan aci ini, biasanya terdapat isi menggunakan oncom. Namun dengan beriringnya zaman, makanan ini semakin bervarian dengan hadirnya cireng isi. Isi dari topingnya pun bermacam macam, dimulai dari isi ayam, isi kornet, isi sosis, dan lainnya.

  1. Cilok

Makanan yang terbuat dari aci lagi ini bernama cilok. Perbedaannya dengan cireng adalah bentuknya yang bulat dan cara pembuatannya yang dikukus. Cilok ini berbeda dengan cireng. Jika cireng mudah ditemukan dengan isi dari oncom, tentunya cilok berbeda. Kebanyakan dari cilok berisi dari daging ataupun telur puyuh. Nama cilok ini berasal dari singkatan dari aci dicolok.

  1. Cimol

Cimol ini mirip dengan cireng namun berbentuk cilok. Cimol adalah singkatan dari aci di emol-emol. Cimol berbeda dengan cilok dan cireng, tidak memiliki isi didalamnya. Kendati demikian, cimol memiliki bumbu kering diluar dengan bervarian rasa.

  1. Batagor

Batagor singkatan dari baso tahu goreng. Nama ini mungkin kita sudah biasa mendengarnya dimana-mana. Batagor ini sudah menjadi makanan dengan nama paling top di Indonesia.

  1. Misro

Misro singkatan dari amis di jero. Makanan ini memiliki sensasi yang sungguh menggiurkan. Ketika kita memakan gorengan ini, akan tiba tiba muncrat gula merah yang sudah mencair dan memberikan kelezatan yang luar biasa.

Masih banyak lagi sebetulnya makanan-makanan khas bandung yang sungguh masih tradisional dan enak serta membuat lidah bergoyang lainnya.

Leave a reply "Makanan dan Tempat Jajanan Asli Khas Bandung"

Author: 
    author