Makanan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

290 views

bahagia saat hamil

Sebuah kebahagian besar bagi seluruh pasangan orang tua yang diberi karunia seorang anak. Tentu hal tersebut dikarenakan, selain untuk melanjutkan jenjang yang baru, pernikahan adalah salah satu cara untuk reproduksi, sehingga memiliki keturunan dan penerus.

Selama 9 bulan menunggu tentu adalah salah satu hal yang dinantikan, meski sedikit menegangkan karena pengorbanan sang ibu. Tapi dibalik itu semua, ada rasa haru, gembira, senang yang tidak bisa diungkapkan dengan kata kata. Hal tersebut pasti terjadi bagi seluruh orang tua yang menanti kehadiran sang buah hati yang tentu menjadi salah satu penyemangat baru dalam kehidupan.

Pentingnya asi dari seorang ibu, tentu sudah kita ketahui adalah salah satu makanan penting bagi sang buah hati. Namun bagaimana jika ternyata saat menyusui beberapa bulan, ternyata sang ibu hamil lagi?

Menyusui saat hamil tentu tidak akan mengalami berbagai masalah bagi nutrisi sang bayi.. Namun kendati demikian, hal tersebut menjadikan sang ibu lebih cepat lelah. Oleh karena itu, pentingnya menjaga nutrisi tentu adalah salah satu hal yang paling tepat. Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu menyusui dan juga hamil:

  1. Air Putih

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika sedang menyusui, tentu adalah minuman yang sangat wajib bagi seorang ibu. Pasalnya, air putih membantu memberikan oksigen kedalam tubuh.

  1. Gandum

Konon katanya gandum dapat memberikan asi yang berkualitas, sehingga bayi jadi tidak mudah lapar. Oleh karena itu, asupan makanan yang sehat akan membantu bayi Anda tumbuh dengan baik.

  1. Nasi Merah

Setelah selama 9 bulan memiliki tubuh yang besar, biasanya seorang ibu ingin melakukan diet agar terlihat lebih langsing setelah melahirkan. Kendati demikian, hal tersebut menjadikan ibu dan anak menjadi kekurangan asupan bagi tubuhnya. Nasi merah membantu ibu, untuk melakukan diet, namun dengan asupan yang cukup.

  1. Buah buahan

Sama halnya dengan nasi merah, buah buahan yang penuh kaya dengan vitamin C, memberikan asupan bagi sang buah hati dan ibu.

  1. Lauk Pauk

Protein yang diberikan tentu harus memiliki kualitas yang bagus dengan apa yang di konsumsi ibu yang sedang menyusui. Konon katanya, lauk pauk yang membantu mencerdaskan anak adalah ikan salmon.

  1. Sayuran

Tentu kita semua sudah mengetahui bahwa sayuran adalah salah satu makanan yang baik untuk semua orang. Misalnya seperti bayam yang kaya asam folat dan zat besi.

  1. Susu

Kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi ibu yang sedang mengandung sekaligus menyusui, tentu susu adalah salah satu hal penting untuk memberikan nutrisi pada sang ibu. Tentu dalam memilih susu yang berkualitas seperti lactamil adalah minuman yang berkualitas bagi sang ibu.