Macam-Macam Penyakit Akibat Lingkungan Kotor

22520 views

sampah-2Teropongumsu.com – Lingkungan yang bersih dapat membuat penghuninya pun nyaman untuk tinggal. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman bukanlah persoalan ynag sulit. Kita dapat melakukannya dengan membersihkan rumah secara rutin setiap hari dan juga jangan membuat sampah sembarangan. Jika lingkungan sudah tidak bersih lagi maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan penghuninya. Maka dari itu kita harus menjaga hal tersebut agar beberapa penyakit tidak bersarang di tubuh kita akibat lingkungan kotor. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak bersih:

  1. Disentri

Penyakit ini disebabkan karena makanan yang tidak sehat dari lingkungan yang tidak bersih. Makanan yang terkontaminasi dari bakteri atau tinja ini jika kita konsumsi maka akan menyebabkan disentri. Disentri menyerang usus besar yang menghasilkan diare yang sangat akut bahkan dapat berdarah jika bab.

  1. Malaria

Malaria terjadi karena adanya gigitan dari nyamuk anopheles. Nyamuk ini dapat membuat suhu kita naik dan turun bahkan hingga menggigil. Tentu saja nyamuk ini dapat hadir di lingkungan yang kotor seperti membuang sampah di sembarang tempat dan tidak rajin untuk menguras bak mandi dan membiarkan barang-barang tidak terpakai menumpuk. Oleh karena itu jaga lingkungan tinggal kita agar nyamuk ini tidak bersarang.

  1. Tuberculosis (TBC)

Penyakit lainnya yang disebabkan karena lingkungan yang kotor adalah TBC. TBC dapat menyerang paru-paru, usus maupun kelenjar getah bening. Penyakit ini disebabkan karena infeksi kuman mikrobakterium tuberculosis. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui udara. Maka dari itu ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di rumah anda.

  1. Tifus Abdominalis

Makanan dan minuman pada lingkungan yang kotor jika kita makan dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya tifus abdominalis. Penyakit ini menyerang usus halus yang menyebabkan demam tinggi yang berkepanjangan. Penyakit ini disebabkan karena adanya bakteri salmonella.

Dengan banyaknya sampah dilingkungan kita, tentunya kita tidak mungkin bisa sehat bagaimanapun caranya. Jika kamu tidak bisa menjaga lingkungan, bagaimana bisa kamu menjaga kondisi tubuh? Oleh karena itu biasakan bersihkan dan jangan buang sampah sembarangan!