Khasiat di Balik Bau Menyengat Bawang Putih

259 views

Pernahkah Anda membaca atau mendengarkan kisah bawang merah dan bawang putih? Dahulu, cerita khayalan ini it terkenal di kalangan anak-anak karena mengisahkan sifat baik (bawang puith) dan buruk (bawang merah). Akan tetapi, kisah bawang putih yang sesungguhnya tidak kalah seru.

Saat memasak, orangtua Anda atau bahkan Anda sendiri sering menggunakan bawang putih. Bagaimana kisah sebenarnya bawang putih dikenal di seluruh dunia? Mula-mula ia tumbuh di Asia Tengah. Lalu kira-kira 5.000 tahun yang lalu, bangsa di Timur Tengah sudah menggunakan bawang putih untuk bumbu masak dan bahan obat. Tentara Romawi berjasa memperkenalkan bawang putih ke seluruh Eropa.

Pada abad XVII dan XVIII, bangsa Siberia menjadikan bawang putih sebagai barang berharga, bahkan dapat digunakan untuk membayar pajak. Bangsa Spanyol menyebarkan bawang putih melintasi Samudra Atlantik menuju Amerika.

Di segala zaman, bawang putih tetap populer di kalangan manusia. Ahli pengobatan Romawi kuno memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi 61 penyakit, bahkan mengobati orang yang terkena gigitan ular. Di Tiongkok, pada tahun 1200-an, bawang putih digunakan untuk mengawetkan daging dengan cara menggosokkannya, Di Rusia, bawang putih dijadikon obat penangkal flu dengan cara merebusnya, lalu dihirup. Pada Perang Dunia I, dokter militer mengobati luka para tentara dengan membalurkan bawang putih pada bagian tubuh yang terkena tembak agar tidak infeksi.

Bawang putih pun dijadikan nama salah satu kota terkenal di Amerika Serikat. Pada 1674, seorang penjelajah Prancis, Pastor Marquette, terpaksa melewatkan musim dingin di suatu tempat bernama “Oneemm” yang dalam bahasa Indian artinya “wilayah bawang putih”. Ia selamat dari kedinginan karena sering memakan bawang putih yang banyak tumbuh liar di sana. Tempat ini sekarang dikenal dengan nama Chicago.

Walaupun banyak manfaat, aroma bawang putih sangat menyengat jika dimakan mentah. Coba gosoklah bawang putih ke bagian kulit telapak kaki Anda. Dalam beberapa menit, napas Anda akan beraroma bawang putih. Soalnya, minyak bawang putih meresap lewat kulit ke dalam darah, diangkut ke paru-paru sehingga sebagian baunya keluar dalam napas Anda. Hal inilah yang membuat orang tidak suka memakan bawang putih mentah.

Tags: #Bawang Putih #Khasiat #Manfaat #Menyengat