Ketika Persahabatan Harus Berakhir, Apa Yang Harus Dilakukan?

372 views

ketika-persahabatan-harus-berakhir-1Banyak yang bilang teman itu penting banget, bahkan lebih penting dari pacar. Ah masak sih? Kalau Teropong Umsu bilang sih teman dan pacar sama saja pentingnya dengan peran masing-masing yang tidak bisa dipertukarkan. Masalahnya tidak semua teman itu baik. Ada juga teman yang mendatangkan pengaruh buruk. Toh Anda masih saja berteman dengannya lantaran tidak mau menyakiti perasaannya atau tidak mau kena cap sebagai teman yang kejam. Tapi kenyataannya teman tidak baik memang harus ditinggalkan demi kebaikan Anda sendiri. Apa yang harus dilakukan ketika persahabatan harus berakhir?

Baca juga : Mengenali Karakter Seseorang dari Bentuk Wajah

Oke, sekarang Teropong Umsu akan menurunkan jurus-jurus memisahkan diri dari teman yang tidak baik. Inilah 7 tindakan yang harus Anda lakukan ketika persahabatan harus berakhir.

  1. Buatlah daftar semua alasan yang membuat Anda merasa persahabatan kalian mesti diakhiri. Beberapa alasan yang umum adalah:
  • Tidak ada lagi persamaan minat di antara kalian.
  • Dia dengan sengaja mengambil keuntungan dari sifat baik Anda.
  • Dia suka menindas, posesif, manipulatif, atau suka membuat Anda merasa bersalah.
  • Dia mengkhianati kepercayaan Anda.
  • Dia punya kebiasaan buruk yang tidak Anda setujui.
  • Dia hanya memikirkan kepentingannya dan tak pernah mempertimbangkan kepentingan Anda dan apalagi kepentingan orang lain.
  • Dia terlalu bergantung sama Anda tapi ogah membantu Anda mengatasi masalah Anda.
  • Dia mengejek, menyinggung, dan menghina Anda dengan sengaja dan berulang-ulang.
  1. Putuskan sampai seberapa jauh Anda ingin mengakhiri persahabatan kalian.

Apakah Anda ingin menurunkan derajat dari “sahabat baik” menjadi “teman” atau bahkan cuma “kenalan”? Apakah Anda mau berhenti ketemuan atau ngobrol sama sekali?

  1. Mulailah berhenti menghabiskan waktu bersamanya.

Ini bisa dilakukan dengan memendekkan waktu ngobrol secara berangsur-angsur atau menolak ketemuan dengan berbagai alasan.

  1. Jangan mulai pembicaraan telefon.

Kalau dia mengontak Anda, tanggapilah dengan sopan dan singkat. Jangan sepakati rencana ketemuan yang dia lontarkan.

  1. Katakan perasaan kamu.

Sudah pasti dia tak akan mengerti tapi semoga saja dia sadar pertemanan kalian tidak bisa dipertahanankan lagi.

Baca juga : Bagaimana Mengubah Kebiasaan Buruk, Sebuah Pengalaman Pribadi

  1. Tetap tenang.

Dia mungkin marah dan mendadak jutek atau bahkan menangis dan ngajak bertengkar. Jangan gentar. Kalau dia minta Anda menjelaskan kenapa Anda menjauh, beranikan diri untuk menjawab, “Maaf deh aku lagi sibuk banget nih.” Terangkan Anda tak bisa lama-lama main dan ngobrol dengannya. Gunakan kesempatan itu untuk mengungkapkan bahwa sikapnya yang posesif dan suka cemburuan membuat Anda tidak nyaman.

  1. Bacalah situasi dengan kritis.

Kalau dia marah mengetahui alasan Anda menjauhinya, jangan capek-capek berargumentasi. Anda toh sudah menjelaskan. Reaksinya bukanlah tanggung jawab Anda. Justru sikapnya yang memancing permusuhan itulah yang menguatkan alasan Anda untuk berhenti berteman dengannya.

Demikianlah 7 tindakan yang harus Anda lakukan ketika persahabatan harus berakhir. Semoga bermanfaat dan jangan kapok berteman!

Tags: #Berakhir #Pacar #Persahabatan #Teman

Leave a reply "Ketika Persahabatan Harus Berakhir, Apa Yang Harus Dilakukan?"

Author: 
    author