Kegiatan Sepele yang Bisa Membuat Lingkungan Rusak

374 views

sampah-2

Manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki akal pikiran dan teknologi, dua hal tersebut membedakan manusia dengan makhluk hidup ciptaan tuhan lain. Setelah memanfaatkan teknologi dan sumber daya alam untuk memakmurkan peradaban mereka. Namun, dalam prosesnya, manusia juga menimbulkan masalah baru, yakni kerusakan lingkungan global yang semakin menjadi jadi tiap harinya.

Bukan hanya kegiatan skala industri yang membuat lingkungan sekitar kita tidak se-asri lingkungan seabad yang lalu. Ada beberapa kegiatan sepele yang merusak lingkungan hidup. Sebuah kegiatan sehari-hari yang tidak anda sadari.

  1. Menggunakan Detergent Berbahaya

Menggunakan Detergent Berlebihan sering dianggap sebagai cara mencuci baju yang bersih dan efektif dalam oleh beberapa pihak. Anggapan tersebut memang benar, tapi jika anda melihat masalah tersebut dari sisi kelestarian lingkungan, hal tersebut bersifat sangat  destruktif pada lingkungan hidup.

Untuk mencegah kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan detergen berlebihan,  anda dapat memilih detergen ramah lingkungan dari rinso. Detergen tersebut sudah ditambahkan senyawa yang mudah didegradasi oleh mikroorganisme sehingga tidak lagi menimbulkan ancaman bagi lingkungan.

  1. Membakar Sampah, Terutama Sampah Plastik

Membakar sampah secara langsung setelah menyapu merupakan langkah yang praktis untuk menyingkirkan sampah. Tapi kegiatan membakar sampah tersebut berpotensi menambah emisi karbon ke atmosfir dan melepas senyawa beracun ke udara.

Sebaiknya anda memilah sampah-sampah tersebut menjadi sampah yang dapat terdegradasi seperti sayur, buah, dan dedaunan untuk dijadikan kompos. Sedangkan sampah yang tidak dapat terdegradasi dapat anda kumpulkan dan didaur ulang menjadi barang kerajinan, yang memilki keuntungan ekonomi untuk keluarga anda

  1. Menggunakan Antiseptik serta Sabun Antibakteri Berlebihan

Produk berbahan dasar antibakteri memang akan melindungi keluarga anda dari serangan penyaki menular. Namun, juga berpotensi menyebabkan keseimbangan lingkungan karena dapat membunuh mikrobiota di lingkungan, terutama lingkungan perairan.

Akibatnya adalah sistem ekologi yang tidak seimbang dan berpotensi menyebabkan anak anda hipersensitif terhadap serangan mikroorganisme, karena ‘terlalu bersih’. Selain itu, berbagai bahan antimikrob dapat menyebabkan penyakit autoimun yang dapat membahayakan kesehatan anda.

Gunakan secara bijak sabun antibakteri, bahkan jika perlu ikuti langkah yang telah diambil pemerintah Amerika Serikat, jangan gunakan sabun anti bakteri, terutama yang mengandung triklosan!

  1. Menggunakan Pestisida Berlebihan

Bagi anda yang suka berkebun atau kebetulan memiliki lahan pertanian, penggunaan pestisida untuk membasmi hama merupakan hal yang lumrah dilakukan. Tetapi penggunaan pestisida yang berlebihan akan menimbulkan masalah lingkungan seperti gangguan ekosistem karena menumpuknya zat pestisida di rantai makanan dan serangga polinator yang teracuni hingga tidak terjadi pembungaan yang bahkan dapat membuat anda rugi karena tanaman yang anda budidayakan tidak berbuah.

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan pestisida alami untuk membasmi hama. Pestisida alami dapat terdegradasi hingga cepat hilang ‘diperedaran’ makanan di ekosistem sekitar kita.

 

Leave a reply "Kegiatan Sepele yang Bisa Membuat Lingkungan Rusak"

Author: 
    author