Johnsons Baby, Bantu Sang Buah Hati Untuk Mengatasi Ruam Popok

345 views

Johnson

Untuk mengatasi ruam popok anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Baru kemudian melakukan pengobatan. Ruam Popok adalah peradangan yang terjadi pada daerah yang sering tertutup popok. Beberapa daerah tersebut misalnya pantat, sekitar alat kelamin, dan pangkal paha bagian dalam. Ciri dari ruam popok ini terlihat pada bagian yang mengalami peradangan akan berwarna merah kemerahmerahan dengan disertai adanya lecet ringan dan juga gatal. Ia biasanya sering terjadi pada bayi yang baru lahir.

Penyebab ruam popok tidak lain adalah popok yang dikenakan oleh bayi. Popok yang bergesekan dengan kulit bayi mengakibatkan kulit bayi mengalami masalah. Hal ini karena kulit bayi memiliki sifat sangat sensitif dan juga peka. Jika kulit bayi yang sensitif menggunakan popok, secara otomatis kulit bayi tersebut tertutup dan mengakibatkan kulit bayi menjadi lembab. Kelembabn inilah yang memicu munculnya ruam popok pada bayi.

Selain popok, ruam popok juga bisa diakibatkan oleh penggunaan popok yang kotor terlalu lama. Popok yang tidak mampu menyerap urin secara sempurna dan mengakibatkan popok basah, atau akibat kotoran bayi dapat pula menyebabkan ruam popok. Atau dapat pula terjadi karena plastik atau karet popok yang bergesekan dengan kulit sehingga mengakibatkan adanya iritasi. Yang lebih bahaya, ruam popok jika tidak di atasi secara baik juga dapat mengakibatkan timbulnya alergi. Untuk mengatasi ruam popok, anda dapat melakukan:

  1. Ganti popok secara rutin

Tidak baik menggunakan popok terlalu lama. Gantilan sesering mungkin, baik anda menggunakan popok kain maupun popok diaper. Apalagi jika basah, jangan biarkan terlalu lama. Baiknya langsung ganti.

  1. Bersihkan daerah popok dengan air hangat

Daerah yang biasanya terkena popok, baiknya anda bersihkan dengan air hangat secara lembut. Ini bertujuan untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan ruam popok pada bayi anda. setelah anda bersihkan, usap dengan handuk lembut dan biarkan kering dengan mengangin-anginkanya. Berilah bedak bayi yang lembut dan dapat mencegah ruam popok. Anda mungkin dapat menggunakan bedak bayi seperti johnsons baby yang efektif mencegah ruam popok.

  1. Pilihlah popok yang memiliki bahan lembut dengan daya serap tinggi.

Pilihan popok akan sangat menentukan apakah akan ada ruam atau tidak. Jika popoknya memiliki kualitas baik, kemungkinan ruam juga dapat diminimalisir.

Jika anda telah melakukan tiga hal di atas, cobalah lanjutkan dengan menyekan dan mengeringkan pantat bayi setiap kali mengganti popok. Jika masih mengalami ruam popok, kemungkinan bayi alergi terhadap popok yang digunakan. Cobalah untuk mengganti popok, lebih baik gunakan popok kain dan gunakan selalu bedak bayi.

Leave a reply "Johnsons Baby, Bantu Sang Buah Hati Untuk Mengatasi Ruam Popok"

Author: 
    author