Jenis Jenis Jamur Beracun Yang Sangat Berbahaya

1004 views

jamur beracun

Apakah anda suka mengonsumsi jamur? Jamur memang lezat jika disajikan dengan berbagai menu makanan yang lezat. Jamur sering dijadikan berbagai macam masakan karena rasanya yang unik dan juga menyehatkan. Jamur dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembab, biasanya di tempat dengan lingkungan kotor. Namun tentunya dengan adanya budidaya jamur, pertumbuhan jamur dilakukan ditempat yang tidak jorok dan bau, sehingga layak untuk dikonsumsi. Namun tahukah anda tak semua jamur itu bisa dikonsumsi. Ada beberapa jamur yang tidak dapat dikonsumsi karena berbahaya bagi tubuh. Jamur-jamur tersebut berbahaya karena adanya kandungan racun pada jamur-jamur tersebut. Berikut beberapa jenis jamur yang dapat membahayakan tubuh apabila dikonsumsi.

  1. Jamur Morel

Jamur yang mempunyai bentuk seperti otak ini merupakan salah satu jenis jamur yang berbahaya. Jamur ini memiliki kandungan Mono Methyl Hydrazine yang sangat membahayakan tubuh jika dikonsumsi. Jika seseorang mengonsumsi jamur ini maka orang tersebut akan menderita mual, pusing dan menyebabkan diare. Bahkan jika seseorang mengonsumsi jamur ini dalam jumlah banyak maka orang tersebut bisa terkena kanker. Jamur yang sering dijumpai berwarna coklat tua ini tumbuh didaerah yang sangat lembab pada kayu-kayu yang sudah lapuk.

  1. Jamur Destroying Angel

Jamur ini sangat cocok dengan namanya malaikat penghancur karena jamur ini bisa menghancurkan tubuh manusia dengan cepat. Jamur ini mengandung racun yang sangat mematikan karena jika seseorang mengonsumsi jamur ini maka orang tersebut akan meninggal beberapa jam kemudian. Jamur ini menyerang fungsi liver dan ginjal pada tubuh begitu cepat. Kandungan racun yang sangat mematikan dalam jamur ini adalah amatoxins. Amatoxins dalam jamur ini lah yang merusak ginjal dan liver. Maka dari itu jika anda pergi ke hutan jangat terkecoh dengah kecantikan jamur yang berwarna putih bersih ini.

  1. Jamur Galerina

Jamur yang satu ini juga sangat berbahaya apabila dikonsumsi manusia. Jamur ini menyerang langsung pada pusat syaraf yang ada di otak sehingga jamur ini dapat menyebabkan seseorang mati mendadak tanpa diketahui penyebabnya. Jamur ini juga sama dengan jamur destroying angel yang menyerang liver dan ginjal. Kandungan jamur ini yaitu berupa a-amanitin bekerja langsung menyerang pusat syaraf pada otak, ginjal dan liver. Maka dari itu jangan terkecoh dengan kecantikan yang dimiliki jamur berbahaya satu ini ya.

  1. Jamur Conocybe Filaris

Jamur yang beracun selanjutnya adalah Conocybe Filaris atau Pholiotina Rugosa  yang tumbuh diantara rerumputan ini mempunyai bentuk yang cukup cantik seperti paying yang memiliki ikat pinggang kecil pada batangnya. Jamur ini diketahui banyak tumbuh di Amerika ini sangat berbahaya apabila dikonsumsi manusia karena racun dalam jamur ini dapat membunuh manusia. Jamur ini sering disamakan dengan jamjur Psilocybe karena bentuknya yang sama. Jamur ini jangan sampai masuk dalam tubuh anda dalam bentuk olahan apapun karena racunnya tidak akan pernah hilang.

Jika anda sudah mengetahuinya, pastikan untuk menghindari makanan beracun tersebut dan memakan makanan yang dapat menjaga kondisi tubuh selalu sehat.