Inilah Menu MPASI Yang Tepat Untuk 3 Hari Pertama

15 views

List Katering MPASI di Jakarta

Menu Untuk MPASI Pertama  – Ketika bayi berusia 6 bulan, maka  mereka telah bisadiberi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ini dilakukan agar nutrisis tercukupi selain dari ASI, sering dengan pertumbuhan bayi. Bahan makanannya pun juga harus yang terbaik serta bergizi. Kita dapat membuat menu untuk bayi berdasarkan referensi dari berbagai macam sumber.

MPASI Pertama Untuk Bayi yang diberikan harus secara bertahap. Pada tahap awal, berikan makanan yang teksturnya cenderung cair seperti ASI, lalu secara perlahan tingkatkan ke makanan yang lebih kental dan padat. Biarkan dia belajar mengenal rasa terlebih dahulu, sebab selama 6 bulan bayi hanya mengonsumsi susu. Supaya mereka mau makan, pastikan agar menu bervariasi. Maka coba menu MPASI berikut ini:

Hari Ke 1 –  Puree Kentang Susu

Perkenalkan menu satu jenis bahan terlebih dahulu seperti puree kentang susu. Resep ini mudah dibuat dan bergizi tinggi. Bahannya yaitu 1 buah kentang dan ASI atau susu formula. Caranya cuci kentang  dan potong tipis. Kukus sekitar 15 menit sampai lunak. Lalu tumbuk kentang sampai halus. Saring agar tidak ada gumpalan. Kemudian tambahkan susu dan aduk rata.

Hari Ke 2 – Bubur Beras Merah dan Tahu

Kita dapat memasak bubur beras merah dicampur tahu untuk protein. Beras merah memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan bayi serta rendah gula. Bahannya yaitu  1 sendok makan tepung beras merah, 1 buah tahu ukuran kecil yang di kukus, dan aldu ayam kampung. Caranya, siapkanlah kaldu dan rebus sampai mendidih. Kemudian masukkanlah tepung beras merah pada kaldu dan aduk sampai kental. Saat beras merah mendidih, angkat dan tiriskan. Lalu blender adonan itu dengan tahu sampai halus. Saringlah agar bubur benar-benar halus.

Hari Ke 3 – Bubur Beras Susu

Di hari ke 3 kita bisa membuat bubur beras susu yang sederhana namun bergizi tinggi. Bahannya yaitu satu setengah sendok makan tepung beras, 150 ml air putih, dan  50 ml susu formula atua ASI. Caranya masukkan air serta tepung beras ke panci kecil lalu panaskan sampai hingga matang. Dinginkan kemudian saring supaya lebih halus. Tambah ASI atau susu formula saat sudah hangat sampai pas kekentalannya.

Demikianlah ulasan tentang MPASI pertama bagi bayi. Semoga dapat menjadi referensi bagi para orang tua yang ingin memberikan MPASI bernutrisi tinggi bagi anak. Selamat mencoba.

Leave a reply "Inilah Menu MPASI Yang Tepat Untuk 3 Hari Pertama"

Author: 
    author