Ini Dia 5 Obat Tradisional Dari Negeri Cina

385 views

Sejak zaman dahulu, bangsa Cina merupakan bangsa yang telah lama mengenal pengobatan penyakit. Baik pengobatan menggunakan ramuan tumbuhan maupun tusuk jarum dan cara-cara lain. Kepandaian ini mereka bawa juga ke perantauan, termasuk ke Indonesia. Tanaman obat yang mereka bawa antara lain, Gadung Cina, Sari Tombong, Piretrum, Pranajiwa dan Ginseng.

Gadung Cina (Smilax china linn) diperkirakan memasuki Indonesia pada pertengahan Abad 19 yang lalu. Umbi akarnya berkhasiat menyembuhkan sakit budug atau lepra dan penyakit patek (sejenis penyakit. kulit). Sebagai obat “dalam” umbi ini dapat menyembuhkan siphilis. Ada juga yang sejenis dengan tanaman ini yaitu yang namanya Gadung Jawa (Dioscorea hispida Denst). Gadung Jawa telah lama digunakan untuk jamu anti hamil dan obat minum bagi penderita lepra.

Tanaman sari tombong, baunya wangi dan agak sepat rasanya. Bagian yang berkhasiat ialah bonggol keras yang merupakan jamur sebesar telur itik tak berpayung. Ada juga yang sebesar buah kelapa.

Pyretrum indicum cass atau Shrysanthemun indicum linn, merupakan tanaman bunga yang juga berasal dari Tiongkok. Dulunya tanaman ini bernama Matricaria sinensis. Bunganya digunakan untuk obat campuran yang berfungsi mengurangi rasa sakit. Adapun nama Matricaria mengandung pengertian, tanaman ini sanggup menyembuhkan rasa sakit pada matrix (rahim) terutama bagi wanita yang baru saja melahirkan. Kalau di Jawa bunga Pyretrum biasa digunakan untuk obat mengusir nyamuk atau serangga lainnya.

Pranajiwa (Eucresta horsfieldii Benn) biji buahnya mengandung zat alkoloid sytisine yang berkhasiat anti racun dan juga berkhasiat bagi penyakit lemah syahwat.

Tumbuhan ginseng dari negara Korea dan Manchuria dapat disajikan dalam bermacam macam obat untuk menguatkan ataupun menyegarkan badan, seperti teh ginseng, sigaret ginseng dan ciu ginseng. Dalam bahasa Latin namanya Panax quin-quefolis yang artinya tumbuhan yang dapat menyembuhkan. Bunga ginseng merah warnanya amat menyolok. Di Hongkong ada sejenis ginseng raja yang harganya jutaan rupiah. Ginseng raja ini mempunyai keajabian. Ia mempunyai kepala seperti kepala bayi dan ekornya panjang. Karena keajaiban ini ginseng raja sering ditempatkan di dalam lemari kaca.

Memang banyak tanaman yang aneh-aneh yang belum pernah ditemukan orang khasiatnya, silah-kan anda mencari dan menyelidikinya.

Tags: #Kesehatan #Negeri Cina #Obat #PENYAKIT #Tradisional