Harga Sapi Kurban Tinggi Tidak Sepi Peminat

68 views


Kurban merupakan suatu hal yang selalu dilakukan oleh umat muslim setiap tahunnya setelah melaksanakan solat Ied pada Idul Adha. Kurban sendiri dapat dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Beberapa hewan kurban yang sering digunakan untuk berkurban adalah sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta. Tetapi di Indonesia sendiri kebanyakan orang menggunakan sapi dan kambing. Harga sapi kurban sendiri memang terbilang cukup tinggi untuk seekor hewan kurban, tetapi sapi mempunyai kelebihan dari hewan kurban lainnya seperti mempunyai daging dan lemak yang banyak, tidak berbau dan juga mempunyai rasa daging yang lebih enak. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk orang membeli kambing sebagai hewan kurban karena harganya yang cukup murah.

Meskipun harga sapi kurban memang sangat mahal, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sapi memang sangat diminati oleh banyak orang. Daging sapi yang dianggap lebih banyak dan enak ini menjadi daya tarik tersendiri oleh orang yang ingin berkurban. Meskipun nantinya daging akan diberikan kepada orang yang tidak mampu, tetapi tetap saja lebih banyak orang yang tertarik dengan sapi. Tetapi dengan begitu kambing juga tidak sepi peminat untuk hewan kurban. Bagaimana tidak dengan harga yang lebih murah kambing juga mempunyai daging yang cukup enak namun memang sedikit berbau khas. Dikarenakan setiap tahunnya peningkatan kurban semakin banyak, maka tidak menutup kemungkinan harga-harga hewan kurban akan terus naik setiap tahunnya.

Untuk menjadi hewan kurban ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti hewan tersebut tidak boleh sakit, tidak boleh cacat, tidak boleh pincang, dan juga tidak boleh yang mempunyai daging yang kering dan kurus. Oleh sebab itu pemilihan hewan untuk kurban harus sangat benar-benar dipilih hewan yang paling sehat karena jika tidak maka dikhawatirkan penyembelihan hewan kurban tersebut dianggap tidak sah di mata Allah. Sekarang ini banyak orang yang dibutakan oleh uang yang sering menipu dengan cara membesarkan sapi dengan air yang dapat menyebabkan sapi tersebut sakit tetapi untuk harga sapi kurban tersebut masih dianggap sama malah ada juga yang menaikannya. Hal tersebut tentu bukanlah hal yang baik karena selain sudah menipu pembeli, hal tersebut juga dianggap tidak manusiawi karena telah menyiksa hewan. Kejadian tersebut sering kita sebut dengan sapi gelondongan.

Seperti yang sudah Anda sudah tahu bahwa rezeki dari Allah akan kembali pada-Nya, sehingga dengan berkurban ini akan membantu mengamalkannya dengan memberikan daging kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Sebenarnya untuk berkurban Anda tidak perlu membeli hewan dengan harga yang tinggi seperti harga sapi kurban, karena Allah tidak melihat dari segi harga hewan kurban tersebut. Tetapi Allah melihat dari segi keikhlasan, niat, dan doa yang sudah dilakukan. Dengan begitu, meskipun Anda memilih membeli kambing yang lebih sehat dan lebih murah pun akan lebih baik daripada membeli sapi gelondongan. Sehingga akan lebih baik apabila kita turun langsung dalam pemilihan hewan kurban dan juga ikut proses penyembelihan yang di lanjutkan pada pembagian dagingnya.

Leave a reply "Harga Sapi Kurban Tinggi Tidak Sepi Peminat"

Author: 
    author