Gaya Hidup Sehat Pengaruhi Gen

415 views

gaya-hidup-sehatBuku berjudul Genius In All of Us menyebutkan bahwa kita sudah terlalu mengidentikkan kemampuan mental seseorang seperti IQ dan kemampuan musikal dengan gen. Kenyataannya, kemungkinan orang tua untuk menurunkan kejeniusan kepada anaknya sangatlah kecil. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari kita belum akan menemukan potensi kita, baik itu dalam hal intelektual maupun olah raga, sampai kita menghabiskan banyak waktu untuk menggalinya dan gaya hidup sehat mempengaruhi gen juga.

Jadi, hal apa saja yang bisa mendorong gen kita ke arah yang benar atau salah? Sama halnya dengan formula pengajaran positif atau negatif, mereka meliputi diet, berolahraga, stres, tembakau, pestisida, dan zat kimia. Dan bukan hanya kekuatan otak yang terbuka dari pengaruh gaya hidup dan perilaku. Kita juga punya kemungkinan untuk menyalakan atau mematikan gen yang terhubung dengan obesitas dan penyakit lainnya.

Sebagai contoh, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan berminyak mempengaruhi lebih dari 100 gen. Sementara diet karbohidrat ketat bisa mengubah gen yang berhubungan dengan peradangan. Makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi tidak hanya menyediakan lebih banyak kalori untuk disimpan sebagai lemak, tetapi juga mengubah cara gen yang terlibat dengan kerja penyimpanan lemak.

Gaya hidup sehat dapat memengaruhi gen-gen yang terkait dengan alzheimer. Namun, salah satu misteri terbesar saat ini adalah mengapa sebagian orang yang memiliki gejala alzheimer di otaknya tidak menderita efek emosional ataupun mental.

David Bennett, Direktur Pusat Alzheimer di Rush IMversity Medical Centre, Chicago, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang-orang dengan gangguan otak menyerupai gejala alzheimer tetapi tidak mengalami gangguan mental dan emosional memiliki pola yang berbeda pada kunci gen-gennya. Sebagian gejala tersebut malah membuat pikiran orang tetap waspada dan aktif.

Mungkin benar adanya bahwa pengembangan gangguan pada otak tergantung pada gen Anda. Akan tetapi, apakah ini menyebabkan gejala seperti kehilangan ingatan dan gelisah, tergantung kepada bagaimana pengalaman Anda membuat perubahan sehingga bisa menyalakan mereka.

Jadi, jangan terlalu percaya jika orang mengatakan bahwa segala kekurangan orang tua atau senior-senior Anda di keluarga akan menurun kepada Anda, toh masih ada kesempatan untuk mengubahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk memasok tubuh dengan makanan bergizi dan berolah raga.

Tags: #Gaya #Gen #Hidup #Sehat