Cara Merawat Printer Dengan Baik dan Benar

17 views

Hasil gambar untuk site:teropongumsu.com printer

Bagi orang kantoran, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah alat yang bernama printer. Ya, printer itu sendiri kerap kita gunakan untuk mencetak objek yang berupa gambar atau tulisan pada secarik kertas hvs. Selain dipergunakan oleh orang-orang kantoran, printer ini juga kerap digunakan oleh kalangan mahasiswa, anak sekolahan, hingga individu. Meskipun banyak orang-orang yang sudah memiliki printer, namun pada kenyataannya mereka masih belum teralu paham tentang cara yang benar dalam merawatnya.

Alhasil, kenerja printernya menjadi tidak maksimal atau bahkan mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga, biasanya kita langsung ke tempat service, atau bias juga sekarang menggunakan jasa service printer panggilan agar lebih mudah.

Nah, bagi kalian yang belum tahu tentang cara merawat printer dengan benar, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Jangan Terlalu Memaksakan Kinerja Printer

Cara pertama yang baik dan benar dalam merawat printer, yaitu jangan terlalu memaksakan kinerja printer. Semahal dan secanggih apapun printer yang kamu miliki, tetap saja printer tersebut tidak dapat kamu gunakan selama seharian penuh. Menurut kabar yang beredar, penggunaan printer dengan durasi yang sangat lama itu sangat rentan pada kerusakan di bagian catridge. Jika kamu hendak mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya istirahatkan dulu printer tersebut selama 20 sampai 30 menitan, dan setelah itu baru pergunakan kembali.

  1. Hindari Gonta-ganti Jenis Tinta

Sesekali mengganti merk atau jenis tinta memang tidak akan menjadi masalah. Namun, beda lagi ceritanya jika kamu terlalu sering menggonta-ganti jenis tinta, maka catridge pada printer akan mudah rusak. Oleh karena itu, kamu harus setia pada satu merk atau jenis tinta.

  1. Lakukan Pengisian Tinta Dengan Tepat

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa semua jenis printer tentunya tidak bisa dipisahkan dari peran tinta. Maka dari itu, kamu harus melakukan pengisian tintanya dengan tepat. Ya, pengisian tinta secara tepat itu dimana kamu tidak boleh mengisinya secara sembarangan. Apabila pada awalnya tabung yang sebelah kiri biasa digunakan untuk menampung tinta berwarna biru, maka tabung tersebut jangan sampai kamu gunakan kembali untuk menampung tinta berwarna merah. Pada intinya, setiap tabung hanya diperbolehkan untuk menampung satu warna tinta saja.

  1. Pastikan Tinta Printer Jangan Sampai Kosong

Cara yang baik dan benar berikutnya dalam merawat tinta yang harus kamu ketahui, yaitu usahakan tinta printernya jangan sampai kosong. Jika kondisi tabungnya sampai tidak terisi oleh tinta, maka akan udara yang masuk pada bagian selang pengisian, yang akhirnya dapat membuat kering sehingga laju tinta menjadi terhambat. Tentu saja dengan kondisi yang seperti demikian, akan membuat kinerja printer menjadi tidak maksimal. Maka dari itu, usahakan tabungnya untuk tetap terisi oleh tinta meskipun printer jarang digunakan.

  1. Mematikan Printer Dengan Cara Yang Benar

Inilah salah satu faktor yang menjadi penyebab dari kerusakan printer, namun tidak banyak dari kita yang menyadarinya. Ya, sebagian besar dari penggunanya sering mematikan printer dengan cara mencabutnya langsung. Padahal, cara tersebut dapat berakibat fatal pada printer terutama untuk bagian catridge. Saat hendak mematikan printer, kamu hanya cukup menekan tombol power off saja.

Itulah beberapa cara yang baik dan benar dalam merawat printer agar tidak mudah rusak. Nah, bagi kamu yang sedang mencari situs penyedia jasa service printer panggilan, segera kunjungi situs yang bernama carijasa.co.id.

Leave a reply "Cara Merawat Printer Dengan Baik dan Benar"

Author: 
    author