Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop

552 views

laptopLaptop merupakan barang elektronik yang wajib untuk dirawat dan dibersihkan. Selain harganya yang tidak murah, laptop juga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mendukung pekerjaan anda. Terkadang kita lupa untuk merawatnya karena terlalu padatnya aktivitas kita dalam  bekerja. Namun anda tak perlu khawatir, cukup memperhatikan cara-cara berikut, laptop anda dapat terhindar dari kerusakan dan juga selalu terlihat bersih:

  1. Bersihkan laptop dari debu

Kebersihan laptop bukan hanya membuat indah dilihat tetapi juga dapat menjaga laptop tahan lama, ada beberapa bagian dari laptop yang dibersihkan dengan cara yang berbeda:

  • Layar

Untuk membersihkan layar pada laptop jangan sembarangan, karena akan membuat layar malah semakin tidak bersih atau malah memuat layar laptop buram. Pertama anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih laptop atau anda bisa membuatnya sendiri yaitu terdiri dari campuran cuka putih dan air suling. Bersihkan layar dengan cairan tersebut dengan menyemprotkannya terlebih dahulu pada kain atau tisu, lalu baru bersihkan layar. Ingat! Jangan langsung menyemprotkan cairan pada layar.

  • Keyboard

Banyaknya debu pada keyboard dapat membuat keyboard menjadi berat untuk ditekan. Maka dari itu bersihkan debu pada keyboard secara rutin yaitu dengan menggunakan kuas lembut dengan menyapu keyboard atau menggunakan lap kering. Jangan menyemprotkan cairan pembersih pada keyboard karena dapat mengakibatkan korslet pada laptop anda.

  • Badan laptop

Untuk memebrsihkan bagian luar laptop cukup bersihkan dengan tisu kering atau tisu basah atau kita dapat menggunakan minyak kayu putih yang disemprotkan ke tisu kemudian sapukan pada bagian luar laptop. Dengan menggunakan minyak kayu putih maka warna badan laptop akan terjaga dan tidak pudar.

  1. Jangan Menyalakan laptop Terlalu lama

Terkadang anda mungkin membiarkan laptop anda menyala terlalu lama karena asyik bermain game atau mengerjakan tugas, tetapi ada baiknya untuk membuat laptop anda beristirahat. Membuat laptop menyala terlalu lama bahkan sampai lebih dari 12 jam dapat menyebabkan laptop overheat atau membuat  laptop menjadi terlalu panas. Jika hal itu terjadi maka daya tahan laptop akan berkurang dan menjadi rusak bahkan tidak dapat menyala lagi.

  1. Jangan Menjalankan Game atau Aplikasi Berat Pada Laptop

Menjalankan Game atau aplikasi yang tidak sesuai untuk laptop dapat mebuat laptop berjalan lambat dan bahkan membuat laptop panas dan kemudian rusak. Sebaiknya bermain game dan menjalankan aplikasi yang berat pada komputer karena komputer lebih sesuai untuk hal tersebut. Jika anda memaksa laptop untuk game dan aplikasi yang berat maka anda memaksa ram dan prosesor untuk bekerja lebih keras dan dapat membuatnya rusak.

Merawat laptop memang mudah, namun biasanya kita terbiasa dengan hal hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Dengan merawat laptop, kita juga telah mengurangi pengeluaran biaya perbaikan agar gaji dapat dikelola dengan bijak dan tidak terlalu banyak pengeluaran.

Tags: #Elektronik