Cara Menghindari Penyakit Bronkitis Akut

289 views

eungap

Salah satu penyakit yang harus kita waspadai adalah bronchitis. Pasalnya selain mengganggu pernafasan juga menjadikan orang yang terkena penyakit ini menjadi terganggu aktifitasnya. Baik itu ketika kelelahan, ataupun cuaca yang tidak mendukung, terkadang penyakit ini tiba-tiba kambuh dan sering terjadi tanpa diperkirakan. Oleh karena itu penderita bronchitis, harus selalu siap bersiaga lebih ekstra dari orang pada umumnya, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Penyebab bronkitis akut ini dikarenakan adanya saluran pada pernapasan pengidap yang terjadi peradangan. Hal tersebut menjadikan pengaliran udara menuju paru paru menjadi terganggu. Hal tersebut dikarenakan adanya infeksi pada beberapa organ. Oleh karena itu, tentu penting bagi kita untuk menghindari penyakit bronchitis seperti berikut:

  • Menggunakan Masker

Jika Anda terbiasa untuk melakukan berbagai hal yang berurusan dengan debu, tentu sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk menggunakan masker. Pasalnya salah satu penyebab bronchitis dikarenakan adanya debu yang masuk ke dalam paru paru yang dapat merusak saluran pernapasan jika terlalu banyak. Oleh karena itu, tentu penting bagi kita untuk menghindari berbagai debu baik itu ketika sedang membersihkan sesuatu ataupun ketika kita sedang berpergian di lokasi yang penuh dengan polusi.

  • Sering Meminum Air Putih

Salah satu hal yang penting untuk membersihkan berbagai kotoran yang terdapat dalam saluran pernapasan kita adalah dengan sering meminum air putih.

  • Menghindari Kafein dan Alkohol

Jika Anda orang gemar minum kopi, tentu kebiasaan tersebut harus mulai Anda kurangi. Terlebih jika Anda seorang peminum alkohol yang juga selain merusak, juga dilarang oleh agama. Kedua minuman tersebut pada dasarnya dapat menjadikan tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh.

  • Menghindari Asap Roko

Hal yang paling sulit dihindari dilokasi dengan lingkungan peroko adalah untuk menghindari asap rokok. Pasalnya meskipun kita tidak merokok, namun baik di keluarga ataupun teman kita, jika terdapat orang yang merokok, tentu kitapun secara tidak langsung akang menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan asap rokok. Oleh karena itu, tentu penting bagi kita yang tidak merokok untuk menghindari asap rokok.

Kendati demikian, jika Anda seorang perokok tentu adalah salah satu hal yang lebih serius dibandingkan perokok pasif. Pasalnya Anda menghirup asap rokok tersebut secara langsung. Oleh karena itu, kebiasaan tersebut harus mulai Anda hilangkan, sedikit demi sedikit. Terlebih jika Anda langsung berhenti merokok, tentu akan menjadi lebih baik.