Cara Mengetahui Perkembangan Janin

29 views

Pentingnya mengetahui perkembangan janin sebelum melahirkan

Bagi seorang ibu yang sedang hamil, kesehatan serta perkembangan sang bayi yang masih dalam kandungan merupakan prioritas utama dalam hidupnya. Oleh karena itu, buat bunda yang sedang hamil wajib untuk mengetahui perkembangan janinnya. Sebab setiap harinya perkembangan janin pada kandungan bunda akan semakin tumbuh dan membesar, sehingga bunda memerlukan asupan gizi yang cukup bagi janin serta bunda harus mengurangi aktivitas berat yang bisa melelahkan bunda.

Perkembangan janin bisa bunda ketahui tanpa harus menggunakan USG, karena diketahui USG bisa menghambat perkembangan janin serta bisa mempengaruhi bentuk janin yang sedang tumbuh. Apalagi jika usia kandungan bunda baru menginjak beberapa minggu, sebaiknya bunda jangan menggunakan USG, walaupun begitu bunda tetap harus melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter guna mengetahui perkembangan janin serta bisa mendapatkan informasi yang berguna bagi bunda maupun bagi janin. Nah dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang perkembangan pada janin yang wajib diketahui khususnya oleh para bunda yang sedang hamil sebagai berikut :

  • Bulan Ke 1

Kehamilan bisa terjadi karena sel telur sudah dibuahi, setelah terjadi pembuahan maka akan terbentuk sekumpulan sel yang berbentuk bola yang menempel pada dinding rahim. Kemudian sel-sel tersebut terus berkembang hingga berbentuk seperti udang dengan ukuran kecil seperi ukuran beras, pada tahapan ini akan tumbuh susunan pusat dan jantung.

  • Bulan Ke 2

Pada masa ini akan mulai tumbuh organ-organ lainnya seperti mulut, ginjal, otak, kaki, dan tangan. Pada usia kandungan 10 minggu, jantung sudah mulai berfungsi. Dan pada masa ini sebaiknya bunda mulai mengurangi aktivitasnya dan hindari aktivitas yang berat, hal ini dikarenakan sangat rentan terjadinya keguguran.

  • Bulan Ke 3

Pada masa ini embrio sudah memiliki panjang 5 cm dari kepala sampai pantat, dengan berat sekitar 14gram. Pada masa ini kelopak mata jabang bayi sudah mulai bisa menutup dan membuka, dan tangan maupun kakinya sudah semakin besar. Bahkan pada masa ini bentuk kaki dan tangannya sudah hampir sempurna. Dan pada masa ini sang bunda mulai merasakan lemas, mual, dan sering muntah.

  • Bulan Ke 4

Pada masa ini kuku-kuku mulai terbentuk, serta organ dalam pun semakin tumbuh, serta rambut pun sudah mulai tumbuh.

  • Bulan Ke 5

Pada masa ini panjang bayi sudah mencapai 13 cm dan memproduksi selaput putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dan kulitnya. Pada masa ini rambut serta alis sudah mulai tumbuh, serta pancainderanya semakin berkembang.

  • Bulan Ke 6

Pada masa ini bayi sudah mulai mematangkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaanya. Dan pada masa ini bayi sudah aktif bergerak di dalam perut, sehingga sang bunda bisa merasakannya seperti ditendang-tendang perutnya.

  • Bulan Ke 7

Pada masa ini semua organ sudah semakin tumbuh secara sempurna terutama otak. Dan terjadi perpindahan posisi kepala sang bayi yang akan menjadi ke bawah.

  • Bulan Ke 8

Pada masa ini mata sang bayi sudah bisa berfungsi secara sempurna, dan sudah mulai bisa merasakan rasa asam dan manis.

  • Bulan Ke 9

Pada masa ini bayi sudah terbentuk dengan sempurna, sehingga sang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia.

Nah, itulah perkembangan janin yang harus diketahui oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Dengan demikian, andapun bisa melakukan yang terbaik untuk mendukung pertumbuhan janin.