Cara Bijak Mengelola Gaji Bulanan Anda

498 views

Isi data tambahanTeropongumsu.com – Bekerja merupakan hal yang harus dilakukan setiap individu agar dapat tetap menjalani hidup. Walaupun rasa lelah terus mendera tetapi demi untuk sebuah akhir yang manis, maka setiap individu harus menjalani setiap pekerjaan. Setiap individu bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang dapat menopang hidup. Namun jangan sampai hasil dalam pekerjaan tersebut hilang begitu saja tanpa ada yang tersisa. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penghasilan atau gaji kita dalam sebulan tidak hilang begitu saja:

  1. Kendalikan Rasa Ingin Membeli

Ketika baru saja mendapatkan uang gaji mungkin kita langsung ingin membeli semua apa yang kita inginkan, namun hal tersebut dapat langsung membuat gaji anda habis begitu saja. Oleh karena kendalikan rasa kita untuk membeli, tanamkan dalam pola pikir anda bahwa gaji ini tidak akan seterusnya bisa kita rasakan. Ingat juga bahwa masih ada cicilan, utang, tagihan listrik, bayar kost dan juga uang untuk makan dalam sebulan ini. Namun perlu di ingat, jangan sampai tubuh anda lemas dan tidak sehat karena tidak memakan makanan dan buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh. Oleh karena itu, irit penting tapi jangan sampai melupakan kesehatan

  1. Sisihkan Untuk Menabung

Ingat bahwa hidup bukan saja untuk hari ini, tetapi juga ada masa depan yang menanti. Menabung adalah cara yang sangat efektif untuk memikirkan masa depan. Usahakanlah gaji kita untuk menabung setelah anda menerima transferan gaji, jika perlu buatkanlah rekening lain yang berfungsi hanya untuk tabungan. Hal ini dapat berguna agar tidak bercampurnya uang anda. Dan buatlah rekening tabungan yang tidak bisa diambil kapanpun, seperti tabungan berencana.

  1. Buatkan Anggaran Untuk Sebulan

Membuat anggaran untuk waktu sebulan merupakan cara yang efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak penting. Pertama buatkanlah daftar pengeluaran yang kita butuhkan dalam sebulan dengan cara membagi dua kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dalam agenda pengeluaran anda dalam sebulan. Kebutuhan primer seperti makan, bayar kost, listrik. Kemudia kebutuhan sekunder seperti shopping dan liburan.

  1. Bijak Mengeluarkan Uang Dalam Sehari

Anda harus bijak setiap harinya, jangan hari tertentu saja. Jika perlu anda bawa uang secukupnya saja ketika keluar, usahakan uang tersebut hanya cukup untuk memebli barang yang dibutuhkan. Buatkan juga laporan keuangan harian, untuk mengatur manajemen keuangan kita. Dengan mencatatnya setiap hari untuk apa saja uang anda, maka anda akan lebih efektif mengelola gaji bulanan anda.

  1. Investasikan dan Asuransikan Uang Anda

Masa depan merupakan hal yang harus anda perhatikan. Dengan menginvestasikan uang anda ke asuransi, emas ataupun reksadana maka anda tak perlu khawatir apabila terjadi sesuatu pada kebutuhan finansial anda. Asuransi dapat memproteksi keadaan finansial anda agar tetap stabil sedangkan investasi dapat membantu anda di masa depan apabila terjadi inflasi atau kebutuhan yang begitu besar.

Nah setelah anda bisa mengelola gaji anda degan baik, tentunya semua hal akan lebih memudahkan.

Leave a reply "Cara Bijak Mengelola Gaji Bulanan Anda"

Author: 
    author