Cara Alami Dan Sehat Mencegah Penyakit Ginjal

411 views

gaya-hidup-sehat

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang harus dihindari karena sangat akan merepotkan jika sudah ada masalah pada ginjal. Jika penyakit ginjal sudah menyerang dan mengakibatkan gagal ginjal maka kita diharuskan untuk cuci darah seumur hidup yang pastinya membutuhkan biaya besar atau melakukan transplatasi ginjal yang belum tentu cocok dengan ginjal kita. Ginjal sendiri mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh yaitu menyaring zat yang tidak berguna yang ada dalam tubuh. Maka jika ginjal sudah rusak akan menyebabkan zat yang tidak berguna tersebut tersebar dalam darah, hal itulah yang menyebabkan seseorang untuk cuci darah. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit pada ginjal yaitu salah satunya pola hidup yang tak sehat. Maka dari itu untuk mencegah penyakit menyerang ginjal, anda bisa memperhatikan hal berikut ini.

  1. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Cara yang paling mudah untuk menghindari penyakit ginjal adalah dengan jangan menahan buang air kecil. Karena fungsi ginjal itu sesunggunya untuk memfilter darah dan kelebihan cairan atau limbah dibuang di dalam kandung kemih dan dikeluarkan dengan buang air kecil. Jika kita menahanya maka akan sangat berbahaya karena akan sangat mempengaruhi ginjal dalam tubuh kita bekerja. Dan bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan menyebabkan gagal ginjal. Maka segeralah buang air kecil sudah ada dorongan untuk melakukan buang air kecil.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit ginjal adalah tekanan darah tinggi. Maka dari itu kita harus mengontrol tekanan darah kita agar stabil. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari tekanan darah tinggi. Salah satunya jangan terlalau stress dengan mengontrol emosi atau hindari makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi. Mengonsumsi kulit ayam, daging merah dan makanan cepat saji adalah faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Konsumsilah makanan yang mengandung rendah sodium ya agar ginjal tetap sehat.

  1. Hati-hati Mengkonsumsi Obat Herbal Dan Jamu

Hal lainnya yang harus anda perhatikan agar ginjal tetap sehat adalah dengan berhati-hati dalam mengonsumsi jamu atau obat herbal. Sejumlah penelitian membuktika bahwa mengonsumsi jamu dan obat herbal terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal itu karena mungkin saja dosis yang terkandung dalam obat herbal atau jamu tidak tepat untuk tubuh kita dan menyebabkan kelebihan yang dapat berpengaruh terhadap ginjal kita. Maka dari itu konsultasikan dulu ke dokter apakah mengonsumsis obat herbal bagi tubuh anda sudah tepat.

  1. Berhenti Merokok Dan Meminum Minuman Alkohol

Hal penting lainnya yang harus dihindari jika anda ingin ginjal anda tetap dalam kondisi yang normal adalah dengan menghentikan ke biasaan anda merokok dan mengonsumsi alkohol. Memang sudah tak diragukan lagi bahaya merokok dan mengonsumsi alkohol. Tetapi masih ada saja sebagian orang yang tak menghiraukannya. Dengan meminum alkohol maka ginjal harus bekerja ekstra keras dan dapat menyebabkan ketegangan pada ginjal dan juga menyebabkan terganggunya keseimbangan elektrolit dalam tubuh ynag mempengaruhi kerja ginjal. Merokok pun dapat mengganggu kerja ginjal dalam memfilter darah dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Maka mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan merokok dan meminum minimal beralkohol sebelum anda harus direpotkan dengan cuci darah.

  1. Olahraga Rutin Dan Banyak Minum Air Putih

Cara selanjutnya membutuhkan kesungguhan anda untuk menghindari gagal ginjal yaitu dengna berolahraga secara rutin karena jika badan sudah terkena obesitas maka dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi berat. Bahkan menurut beberapa penelitian dengan berolahrga secara rutin minimal 5 kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko gagal ginjal 2 kali lipat. Kemudian jika sudah olahraga secara rutin, anda harus mengkonsumsi air putih secukupnya yaitu minimal 8 gelas/hari. Keajaiban dari rajinya meminum air putih setiap hari dibuktikan dengan walaupun kondisi ginjal sudah tak baik tapi masih untuk membuat air putih terproses dalam ginjal.