Berikut Ini Cara Mudah Cek e-KTP Online Dengan Mudah dan Praktis

10 views

7 Cara Cek KTP Online dengan Mudah dan Cepat, Wajib Tahu Nih!

e-KTP merupakan kartu kependudukan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah serta didukung oleh sistem informasi yang lebih aman, akurat, dan tertib administrasi, karena langsung terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat. Dimana setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu e-KTP saja yang tercantum pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), walaupun orang tersebut tempat tinggalnya berpindah-pindah atau mempunyai alamat rumah lebih dari satu.

Perlu anda ketahui, bahwa kartu identitas e-KTP ini menggunakan biometrik, yakni sistem verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik maupun tingkah laku manusia. Banyak sekali teknik pengamanan yang dilakukan melalui cara ini, akan tetapi yang digunakan pada e-KTP Indonesia adalah dengan menggunakan sidik jari. Dalam hal ini, sidik jari yang direkam di e-KTP adalah jari tangan, namun yang dimasukkan ke dalam chip hanya 2 jari, yakni telunjuk kanan dan jempol.

Salah satu alasan menggunakan autentifikasi yang berupa sidik jari adalah biaya yang lebih murah, dan paling ekomomis jika dibandingkan dengan menggunakan teknik biometrik lainnya. Selain itu, bentuk bisa dijaga dan unik karena setiap individu memiliki karakteristik sidik jari yang berbeda-beda sekalipun anak kembar.

Akan tetapi, mungkin sebagian besar orang belum mengetahui atau mengerti apakah e-KTP yang dimilikinya itu asli atau palsu. Lalu bagaimana cara mengecek apakah e-KTP yang dimilki tersebut asli atau palsu? Dengan semakin canggihnya teknologi seperti sekarang ini, tentunya akan sangat mudah bagi anda untuk memastikan apakah NIK yang ada pada e-KTP anda tersbut sudah tersimpan dalam database kependudukan atau belum. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara cek e-KTP online dengan mudah dan praktis :

  1. Melalui Media Sosial Facebook Maupun Twitter

Cara pertama untuk mengecek e-KTP adalah dengan menggunakan akun Facebook atau Twitter Disdukcapil. Akan tetapi, sebelum anda menggunakan cara ini, maka anda harus memastikan dulu akun resmi dari Disdukcapil yang betul-betul dikelola oleh dinasnya. Apakah akun tersebut akun asli atau palsu? Sebab, anda akan mengirimkan data pribadi anda, sehingga jika data ini jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab akan sangat berbahaya, karena bisa saja data pribadi anda tersebut digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan.  Setelah anda yakin bahwa itu akaun asli Disdukcapil, maka sebaiknya anda mengirimkan data melalui fitur private message atau direct message supaya keamanannya bisa terjaga.

  1. Melalui SMS atau WhatsApp

Cara selanjutnya adalah dengan mengirimkan pesan melalui sms maupun WhatsApp. Cara ini bisa dibilang mudah dan praktis. Jika anda menggunakan cara ini, jangan lupa untuk sertakan NIK, Nama Lengkap, Nomor KK, nomor telepon dalam isi pesannya.

  1. Melalui email

Cara yang terakhir adalah dengan mengirimkan email kepada orang Disdukcapil. Akan tetapi, jika menggunakan cara ini anda harus bersabar karena prosesnya yang terbilang cukup lama jika dibandingkan dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas. Bahkan, bisa jadi pesan anda baru diproses setelah 24 jam anda mengirim email kepada instansi terkait tersebut.

Nah, mulai sekarang segera cek NIK anda apakah sudah terdaftar secara resmi atau belum, karena NIK ini sangat penting fungsinya dalam berbagai kehidupan anda, seperti untuk membuat SIM, pasport, NPWP, Akte Kelahiran, dan sebagainya. Sekian informasi kali ini semoga bermanfaat.

 

Leave a reply "Berikut Ini Cara Mudah Cek e-KTP Online Dengan Mudah dan Praktis"

Author: 
    author