Beberapa Masalah Kesehatan yang Biasa Dialami Pekerja Kantoran

67 views

Tahukah Anda bahwa office furniture yang baik akan membantu mengurangi risiko masalah kesehatan para pekerjanya?

Meski terlihat enak diduduki, tidak semua kursi di kantor itu baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kebiasaan duduk lama tanpa melakukan aktivitas bergerak juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Terdapat beberapa masalah kesehatan yang akan kami ulas di bawah ini. Jika Anda pekerja kantoran, simaklah dengan seksama.

Masalah kesehatan mata

Masalah kesehatan mata ini biasanya menjadi langganan para pekerja kantoran. Sebut saja iritasi mata, mata merah, kelopak mata bengkak, penurunan kemampuan penglihatan, hingga sakit kepala dan pusing karena mata yang lelah. Kondisi-kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh penerangan ruangan yang kurang baik, seperti bekerja seharian di depan komputer atau gadget. Cara mengatasi masalah kesehatan mata ini dapat dengan memperbaiki penerangan ruangan di kantor. Jadi bila ruangannya terlalu redup, gantilah dengan lampu yang lebih terang namun juga jangan terlalu terang. Periksakan kesehatan mata setidaknya 1-2 kali dalam setahun.

Masalah otot dan tulang

Masalah ini kerap dijumpai ketika Anda terlalu lama duduk di depan komputer tanpa mengubah posisi atau melakukan gerakan lain. Biasanya setelah itu nyeri pada leher dan punggung akan datang. Selain itu, membungkuk ketika bekerja untuk melihat layar komputer akan membuat tekanan yang cukup besar pada leher. Postur yang buruk ini tentu akan merusak otot bahu dan punggung. Apalagi jika tidak didukung dengan bentuk kursi yang ergonomis. Masalah otot ini juga bisa terjadi pada bagian lengan, biasanya pada pergelangan tangan yang aus karena digunakan terus menerus untuk mengetik. Hal ini dapat diatasi dan dicegah dengan berbagai cara. Bisa dengan memperbaiki postur tubuh ketika mengetik dan juga rajin olahraga walau di dalam kantor. Lakukan peregangan agar otot tidak kaku dan tegang.

Masalah pendengaran

Jangan salah, masalah pendengaran juga bisa terjadi pada pekerja kantoran. Hal ini bisa terjadi karena suasana kantor yang terlalu riuh bercampur dengan bunyi aneka peralatan elektronik, dan juga penggunaan headset bervolume besar. Cara mengatasinya, istirahatkan telinga dari segala bunyi-bunyian yang terlalu keras dan mengganggu. Anda bisa sejenak pergi ke tempat tenang seperti ruang meeting yang kosong untuk mengistirahatkan telinga sambil fokus bekerja.

Leave a reply "Beberapa Masalah Kesehatan yang Biasa Dialami Pekerja Kantoran"

Author: 
    author